Mau tanam pisang ada (KUR) Rp100 juta per hektare, mau tanam cabai Rp80 juta per hektare, mau tanam bawang ada Rp80 juta per hektare...Kita harus manfaatkan ini semua untuk masyarakat
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) Sulsel menyiapkan Rp30 triliun dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus untuk sektor pertanian, perikanan, dan peternakan.

"Tahun ini kami siapkan Rp30 triliun KUR untuk Sulsel. Selama ini hanya Rp15 triliun. Sekarang dua kali lipat untuk KUR," kata Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dalam keterangannya diterima di Makassar, Rabu.

Ia menjelaskan khusus budi daya pisang cavendish ada dana KUR Rp100 juta per hektare, budi daya cabai Rp80 juta per hektare, begitu juga dengan budi daya bawang merah Rp80 juta per hektare.

Baca juga: KNEKS-Kemenkeu fasilitasi pembiayaan syariah UMKM di Sulsel 

Kemudian disiapkan juga dana KUR di sektor perikanan seperti rumah ikan atau rumpon dan KUR mikro bagi yang ingin usaha di bawah Rp10 juta.

"Mau tanam pisang ada (KUR) Rp100 juta per hektare, mau tanam cabai Rp80 juta per hektare, mau tanam bawang ada Rp80 juta per hektare. Tidak bisa kita main-main soal masyarakat. Kita harus manfaatkan ini semua untuk masyarakat," ujarnya.

Bahtiar mendorong masyarakat memanfaatkan KUR tersebut untuk menghidupkan kembali lahan-lahan tidur agar bisa menjadi sumber penghasilan.

"Ekonomi masyarakat kita bisa kita ubah dengan memaksimalkan pemanfaatan dana KUR ini. Jeneponto akan menjadi yang terbaik jika memanfaatkan ini, karena memiliki lahan yang sangat luas," ujar Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Baca juga: BRI target penyaluran KUR capai Rp21 triliun di Sulsel 2023

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024