Medan (ANTARA) - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, mengatakan saat ini penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara bisa dikatakan cukup tinggi.

"Data sampai  21 April 2020, pasien Covid-19 di Sumatera Utara mencapai 106 orang dan 70 orang di antaranya berada di Medan," ujar Fadhilah, dalam sambutannya pada Tactical Floor Game (TFG) Dalam Rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II Toba Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, di Medan, Rabu.

"Hal tersebut tentunya cukup menghawatirkan, namun kita tidak boleh panik menghadapi situasi yang demikian," ucap jenderal bintang dua itu.

Baca juga: Simulasi "TGF" di Sumatera Utara satukan persepsi penanganan COVID-19

Ia menyambut baik kegiatan ini, guna mengantisipasi segala kemungkinan terburuk sebagai dampak dari penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara.

Melalui kegiatan TFG ini, diharapkan masing-masing perorangan maupun instansi memahami tugas pokok dan fungsi sesuai bidangnya, sebagaimana maksud dan tujuan TFG, yaitu menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan.

"Kodam I/BB beserta satuan jajarannya telah melakukan langkah-langkah antisipasi diantaranya sosialisasi bahaya Covid-19 dan pencegahannya, baik melalui media massa maupun media sosial," jelasnya.

Baca juga: Lima rumah sakit di Sumatera Utara disiagakan antisipasi COVID-19

Fadhilah meyebutkan, selain itu penyemprotan disinfektan di lingkungan perkantoran, di pasar-pasar tradisional, dan fasiltas umum di wilayah, serta pemberian masker kepada masyarakat.

"Kemudian memperbanyak kegiatan olah raga, bersinergi dengan Kepolisian Indonesia mendirikan dapur lapangan dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat," kata dia.

Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Sumatera Utara, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Edy Rahmayadi, Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin, Komandan Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan, Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, dan Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan, Marsekal Pertama TNI Jhon Amarul.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020