London (ANTARA News/AFP) - Cristiano Ronaldo mengakui ia sudah tidak sabar lagi merampungkan transfernya yang "bersejarah" dan bernilai 80 juta pound ke Real Madrid.

Pemain sayap Manchester United berusia 24 tahun itu akan menjadi pemain paling mahal dalam sejarah sepak bola setelah klubnya di Inggris, yakni Manchester United, menerima tawaran yang memecahkan rekor dunia itu dari Real Madrid.

Bintang Portugal itu akan menjalani pemeriksaan medis di Bernabeu pekan depan dan diduga akan menandatangani kontrak enam tahun yang dilaporkan bernilai 9,5 juta pound setahun.

Setelah spekulasi beberapa tahun tentang kepindahannya ke Real Madrid, Ronaldo menyatakan kini merupakan saat yang tepat untuk mengakhiri keberadaannya selama enam tahun di Old Trafford.

"Saya sudah menghabiskan masa baik di Manchester United. Kini saatnya untuk memandang ke depan dan uang 80 juta poun merupakan uang yang sangat banyak. Perjanjian ini merupakan perjanjian bersejarah," kata Ronaldo kepada suratkabar-suratkabar Inggris dari Los Angeles, tempat ia berlibur.

"Saya merasa tersanjung saat dua tim terkemuka di dunia menginginkan diri saya.

"Kini saya dapat segera menuju Real Madrid dan suatu panggung baru dalam karir saya. Saya mendengar persetujuan itu di sini di LA dan mendengar dari orang saya bahwa United telah menerimanya."

Sementara konfirmasi tantang kepindahan Ronaldo datangnya secara mengejutkan di awal penutupan musim ini, menurut sebuah laporan di Inggris, Real Madrid telah mencapai "gentleman`s agreement" (persetujuan tidak tertulis) untuk merampungkan transfer beberapa bulan lalu.

Ramon Calderon, mantan presiden Real Madrid, ia menjadi perantara untuk mencapai persetujuan guna memboyong Ronaldo sebelum meninggalkan klub tersebut bulan Januari.

Calderon, yang sejak itu digantikan oleh Florentino Perez, mengatakan kepada the Sun, " Kami menghubungi pemain itu. Itulah hal penting untuk diketahui sekarang ini.

"Sepanjang yang saya tahu, ia mencapai persetujuan dengan klub tersebut. Ia ingin pergi pada akhir musim ini.

"Itulah yang ia setujui dengan klub tersebut dan oleh karena itu perjanjian dicapai secara mudah, mengingat bahwa pemain itu ingin datang ke Real Madrid, katakanlah untuk menandatangani persetujuan. Kami menyetujui segalanya dan ia memutuskan untuk datang.

"Katakanlah ini merupakan `gentleman`s agrrement` dalam upaya untuk tidak menyinggung Manchester musim lalu, karena (pelatih United, Sir Alex) Ferguson, juga ingin mempertahankan pemain tersebut.

"Karena alasan inilah kami memutuskan untuk menunggu sampai musim ini dan itulah yang terjadi."

Ferguson akan mempunyai dana besar saat transfer Ronaldo rampung, tetapi sementara mencari pengganti pemain sayap itu, ia juga harus fokus untuk mencegah para pemainnya pergi dari Old Trafford.

Masa depan Carlos Tevez tetap tidak menentu, sementara Manchester United menolak harga 32 juta pound yang dipatok pemegang hak ekonomi pemain Argentina itu dan ia bisa saja bergabung dengan Manchester City, Liverpool atau Chelsea.

Pemain belakang asal Serbia, Nemanja Vidic juga sedang mempertimbangkan untuk pindah ke Spanyol, dengan Barcelona dan Real Madrid telah menyatakan minatnya pada pemain bek tengah itu. Istri Vidic, Ana, diyakini merasa tidak bahagia dengan kehidupan di Inggris.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009