Padang, (ANTARA) - Sejumlah personel Polisi Wanita (Polwan) Polda Sumatera Barat (Sumbar) yang mengikuti pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang selama dua pekan berhasil membuat 2.700 masker yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto di Padang, Senin, mengatakan pemberian pelatihan ini sebagai upaya Polda Sumbar untuk membantu penyediaan masker yang nantinya akan diserahkan kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Polda Sumbar kerahkan personel edukasi masyarakat terkait PSBB

"Alhamdulillah target kita tercapai, anggota sekarang sudah memiliki keterampilan menjahit masker. Kondisi saat ini masker sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari," kata dia.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dapat membuat persediaan masker menjadi langka di Sumbar.

Baca juga: Polda Sumbar larang tradisi "Balimau" di tengah pandemi COVID-19

"Kita akan bagikan masker ini kepada masyarakat dan juga kepada personel. Kita akan kembali produksi untuk membantu persediaan masyarakat," kata dia.

Sementara salah seorang personel Polwan Polda Sumbar yang menjalani pelatihan di BLK Bripda Dea mengaku awalnya tidak memiliki keterampilan menjahit.

Baca juga: Polda Sumbar perketat pemeriksaan orang di perbatasan saat PSBB

"Kita dilatih tenaga pendidik selama dua pekan dan hasilnya bisa membuat masker. Masker ini akan dibagikan kepada warga Kota Padang nantinya," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020