Psikolog: Berpikir positif bisa tingkatkan kesejahteraan psikis

Psikolog: Berpikir positif bisa tingkatkan kesejahteraan psikis

Psikolog Ketty Murtini (ANTARA/HO - Dok. Pribadi)

Purwokerto (ANTARA) - Psikolog dari Biro Psikologi Metafora, Ketty Murtini mengatakan bahwa pikiran yang positif bisa meningkatkan kesejahteraan psikis seseorang terutama pada masa pandemi COVID-19.

"Berpikir positif dan selalu bersyukur untuk apa yang kita dapatkan, kita hadapi dan kita alami akan meningkatkan kesejahteraan psikis kita," katanya di Purwokerto, Banyumas, Senin.

Baca juga: Psikolog: Hadapi COVID-19 dengan Gembira

Baca juga: Psikolog: Jauh sebelum wabah COVID-19, perempuan sudah jadi relawan


Dia mengatakan situasi pandemi seperti sekarang ini memang rentan membuat seseorang mengalami stres dan masa-masa yang sulit.

"Namun, dari masa-masa yang sulit ini juga bisa kita ambil sisi positifnya, misalkan bisa punya lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga, polusi makin berkurang dan bisa beribadah di rumah bersama seluruh keluarga," katanya.

Selain itu, kata dia, sisi positif lainnya adalah makin tingginya rasa solidaritas di kalangan masyarakat untuk saling membantu sesama.

"Di satu sisi ada yang ekonominya menjadi sulit atau pemasukannya berkurang semenjak pandemi ini, namun ada juga mereka yang empatinya makin tinggi dan mau membantu banyak orang, mengulurkan bantuan untuk mereka yang membutuhkan," katanya.

Dia mengatakan kesejahteraan psikis sangat penting guna mendukung kesejahteraan fisik seseorang dan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan berpikiran positif.

Baca juga: Psikolog sesalkan warga tolak tenaga medis COVID-19 pulang ke rumah

Baca juga: Psikolog: Keluarga jenazah COVID-19 butuh dukungan dari warga


"Kesejahteraan psikologis harus diusahakan dan kita tularkan bagi banyak orang, misalkan dengan pikiran positif dan dengan kalimat-kalimat yang juga positif, hal itu akan menimbulkan kebahagiaan bagi diri kira sendiri dan bagi orang lain di sekeliling," katanya.

Sebelumnya, dia juga mengatakan bahwa mengelola stres selama pandemi COVID-19 juga penting guna mendukung kesejahteraan psikis dan fisik.

"Kesejahteraan psikologis akan sangat berpengaruh pada kesejahteraan atau kesehatan fisik seseorang, sehingga pada masa pandemi COVID-19 ini, selain memberi asupan pada tubuh, kita juga harus beri asupan vitamin untuk psikis kita," katanya.
***3***
T.W004

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pasien terinfeksi COVID-19 berpotensi alami gangguan psikis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar