Jakarta (ANTARA News) - Berbagai jenis kesenian dan budaya asli Betawi dipentaskan di pusat perbelanjaan (mal) dalam rangka hari ulang tahun Jakarta yang ke-482.

Beberapa kesenian dan budaya yang dipentaskan yang salah satunya di Mall of Indonesia (MoI) itu antara lain ondel-ondel, tanjidor, gambang kromong, komedi betawi, silat beksi hingga makanan khas Betawi yaitu kerak telor.

"Semuanya dilakukan secara berurutan mulai sore hingga malam hari nanti," kata salah satu penyelengara Pekan Kesenian dan Budaya Betawi, Meytha di Jakarta. Sabtu.

Selain kesenian dan budaya Betawi, kata dia, yang ditampilkan adalah beberapa kesenian dari luar Jakarta di antaranya adalah tari kolaborasi Reog Ponorogo dengan Barongsai serta kesenian Marawis.

Menurut dia, khusus untuk komedi Betawi yang akan mengambil judul Si Pitung akan melibatkan beberapa artis asli Betawi mulai H Bolot, Mpok Nori, Bodong, serta Hermelia Putri.

Sedangkan untuk kesenian modern akan ditampilkan tari kolaborasi Portugal dengan Betawi serta orkes dangdut dengan menampilkan Saipul Jamil dan Titi KDI.

Sementara itu, salah satu petugas dari Pemerintah Kota Jakarta Utara, Ninik mengatakan, digelarnya Pekan Kesenian dan Budaya Betawi ini salah satunya adalah untuk melestarikan budaya yang ada.

Selain itu, kata dia, Pekan Kesenian dan Budaya Betawi ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah Jakarta Utara.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009