Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah Guanzhou, Cina, mengajak Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memanfaatkan kesempatan bisnis di ajang pesta olahraga negara-negara Asia (Asian Games) yang digelar di Guangzhou, November 2009.

Ajakan itu disampaikan oleh anggota legislatif Guangzhou dalam kunjungannya ke DPRD Kota Surabaya, Selasa.

"Ada banyak peluang bisnis di sana yang bisa dimanfaatkan oleh Surabaya," kata Wakil Pimpinan Kongres Guangzhou, Long Jin`an, melalui Alim Markus, Bos Maspion Groups, yang bertindak sebagai panitia penghubung.

Pihaknya mengundang DPRD dan Wali Kota Surabaya untuk meninjau langsung lokasi bisnis yang disiapkan pemerintah Guangzhou menjelang pelaksanaan Asian Games.

"Mungkin pimpinan DPRD dan wali kota bisa lihat dulu lokasi bisnisnya seperti apa di sana," katanya berpromosi.

Menurut Long Jin`an, Kota Surabaya bukan hal yang asing bagi warga Guangzhou, khususnya yang pernah berkunjung ke Indonesia.

"Sudah banyak yang kenal dengan Kota Surabaya. Makanya, kami ke sini ini untuk menambah keakraban. Apalagi di Surabaya banyak pengusaha keturunan Tiongkok," katanya.

Selain menawarkan kesempatan berbisnis, kedatangan rombongan Kongres Guangzhou itu juga untuk mempelajari program penghijauan di Surabaya.

"Di Surabaya ini ada program satu orang menanam satu pohon. Makanya kami ingin menerapkannya di sana," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009