Jakarta (ANTARA News) - Galeri Nasional Indonesia akan menggelar tiga pameran, berupa seni lukis, patung, dan festival video internasional selama Juli.

Kepala Seksi Pameran dan Edukasi Galeri Nasional Indonesia Eddy Susilo di Jakarta, kemarin, mengatakan, satu dari tiga agenda pameran tersebut akan menampilkan karya seni patung atas nama Nyoman Nuarta dan Jim Supangat bertindak sebagai kurator.

Pagelaran pameran yang diselenggarakan oleh Studio Nyoman Nuarta tersebut digelar di Gedung A sejak 9 hingga 23 Juli 2009.

Pada 10 - 22 Juli menghadirkan pameran tunggal karya Sonny Eska bertempat di Gedung C, menampilkan Nirwan Yusuf sebagai kurator dan panitia penyelenggaranya adalah Dunia Art.

Sedangkan 28 Juli hingga 9 Agustus, giliran Ruang Rupa bekerja sama dengan OK Video menyelenggarakan Festival Jakarta Video Komedi Internasional ke-4 dengan agenda acara lokakarya, diskusi dan ajang pemberian penghargaan karya terbaik yang menampilkan kurator Aminudin TH. Siregar.

Sesuai perencanaan, geleri itu memiliki agenda yang penuh hingga akhir tahun 2009, setiap bulannya satu hingga tiga acara pameran atau pertunjukkan kesenian.

Penentuan agenda pameran tersebut melalui seleksi dan penilaian dari tim kurator.

Selain menyelenggarakan pameran seni lukis melalui proses seleksi, Galeri Nasional Indonesia juga mengagendakan pameran tetap untuk koleksi lukisan sejarah, koleksi khusus dan koleksi internasional.

Saat ini, Galeri Nasional Indonesia memiliki 1.750 koleksi lukisan karya seniman Indonesia dan mancanegara, seperti Raden Saleh, Hendra Gunawan, Affandi, Nyoman Gunarsa, Ida Made Bagus, Piere Sougales, Sonia De Launey, Zou Wou Ki, serta Victor Vassareli.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009