London (ANTARA News) - Roger Federer berhasil mengatasi temperatur 35 derajat Celsius untuk meraih kemenangan ke-11 dalam 11 pertemuan melawan petenis Swedia, Robin Soderling, Senin dan melaju ke perempatfinal Wimbledon.

Dalam suatu pertandingan ulangan final Prancis Terbuka, saat bintang tenis Swiss itu menyamai rekor 14 gelar Grand Slam, Federer menang dengan skor 6-4 7-6 (7/5) 7-6 (7/5) atas petenis yang secara dramatis mengakhiri kejayaan Rafael Nadal di Roland Garros.

Federer, yang sedang memburu gelar Wimbledon keenam, akan tampil di perempatfinal ke-25 Grand Slam menghadapi petenis Kroasia, Ivo Karlovic, yang telah melepaskan pukulan As sebanyak 102 kali hingga babak ketiga, atau petenis kidal Spanyol, Fernando Verdasco.

"Hari ini benar-benar merupakan kontes servis, tidak banyak terjadi permainan reli, sehingga sulit untuk menilai macam pertandingan ini," kata Federer.

"Tetapi, kondisi saya sangat baik, saya bergerak secarabaik. Ia melakukan kesalahan ganda di tie-break set ketiga, bila tidak mungkin terjadi set keempat," katanya.

Petenis Jerman Tommy Haas, petenis tertua yang masih bertahan di turnamen tersebut, yakni 31 tahun, untuk pertama kalinya mencapai perempatfinal Wimbledon setelah menang 7-6 (10/8) 6-4 6-4 atas unggulan ke-29 dari Rusia, Igor Andreev.

"Saya melakukan servis secara baik. Saya tidak banyak memberi kesempatan atau kepercayaan diri kepadanya untuk mematahkan servis saya," kata Haas , yang menjuarai turnamen lapangan rumput Halle, menjelang Wimbledon.

Haas, unggulan ke-24 dan yang menyelamatkan dua match point saat menang dalam pertandingan maraton di babak ketiga atas Marin Cilic dari Kroasia, di perempatfinal akan berhadapan dengan unggulan keempat dari Serbia. Novak Djokovic atau Dudi Sela dari Israel.

Djokovic adalah semifinalis tahun 2007, sedangkan Sela adalah petenis pertama Israel yang maju ke 16 besar dalam 20 tahun.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009