Presiden Trump membuat buruk suasana pasar modal
New York (ANTARA) - Mata uang safe haven atau tempat berlindung yang aman yen Jepang menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dan mata uang berisiko, termasuk dolar Australia, turun karena sentimen risiko memburuk setelah Presiden AS Donald Trump mengancam mengenakan tarif baru kepada China atas krisis virus corona.

Trump mengatakan pada Kamis (30/4/2020) bahwa perjanjian perdagangannya yang diperebutkan dengan upaya keras dengan China, sekarang menjadi kepentingan kedua bagi pandemi virus corona dan dia mengancam tarif baru pada Beijing, ketika pemerintahannya membuat langkah-langkah pembalasan atas wabah tersebut.

"Presiden Trump membuat buruk suasana pasar modal, meningkatkan tuduhannya terhadap China tentang wabah virus corona, mengancam tarif baru,” kata Action Economics dalam sebuah laporan. "Yen telah berkinerja lebih baik, sementara mata uang komoditas berkinerja buruk di tengah fase tajam dari pemposisian risk-off (penghindaran risiko)."

Dolar melemah 0,29 persen terhadap yen menjadi 106,86 yen. Dolar Australia, yang pada Kamis (30/4/2020) mencapai tertinggi tujuh minggu di 0,6569 dolar, jatuh 1,54 persen menjadi 0,6410 dolar AS.

Yuan China juga melemah terhadap greenback di pasar luar negeri menjadi 7,1378 yuan, terbesar per dolar sejak 2 April.

"Mengingat skala dampak COVID-19, tentu ada risiko tinggi ketegangan geopolitik meningkat secara signifikan ketika membalik penguncian," kata Derek Halpenny, kepala penelitian di MUFG.

"Ini jelas akan menjadi pukulan bagi perdagangan global yang akan menambah lapisan dukungan bagi dolar ke depan," kata Halpenny.

Euro terus menguat terhadap greenback, setelah juga reli pada Kamis (30/4/2020) karena reposisi akhir bulan. Mata uang tunggal terakhir naik 0,17 persen pada 1,0974 dolar, setelah sebelumnya mencapai 1,1017 dolar, tertinggi sejak 1 April.

Sebagian besar pasar Eropa dan Asia ditutup pada Jumat (1/5/2020) untuk Hari Buruh Internasional.

Greenback menguat 0,94 persen terhadap dolar Kanada, yang juga menderita dari langkah-langkah risk-off.

Kanada pada Jumat (1/5/2020) merekrut Tiff Macklem, seorang bankir bank sentral berpengalaman yang telah menjadi suara terkemuka di negara itu untuk transisi menuju ekonomi hijau, sebagai gubernur bank sentral ke-10 Bank of Canada.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sejumlah mata uang utama lainnya melemah 0,04 persen menjadi 99,08.

Ahli strategi mata uang Deutsche Bank, George Saravelos mengatakan bahwa jika Amerika Serikat memaksakan kontrol modal pada China, itu akan menjadi negatif bagi dolar, karena itu akan menyiratkan arus keluar dari aset-aset dalam denominasi greenback.

“Jika langkah ini didorong secara politis, itu akan menjadi dolar yang jelas negatif dalam pandangan kami. Ini akan menyebabkan pergeseran dalam kepemilikan cadangan dari dolar AS ke euro, yen, pound, emas dan proksi cadangan lainnya,” kata Saravelos.

Baca juga: Penyeimbangan akhir bulan, dolar jatuh terhadap euro, menguat pada yen
Baca juga: Dolar AS jatuh setelah Fed biarkan suku bunga acuan tidak berubah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020