Kendari (ANTARA News) - Eurico Gutteres, tokoh prointegrasi dan pembina Komite Nasional Korban Politik Timor Timur (Kokpit), menemui Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam membahas masalah warga eks pengungsi Timor Timur di daerah ini.

"Permasalahan warga eks pengungsi Timtim yang ada di Sultra belum mengucurnya dana kompensasi. Oleh karena itu, saya selaku pembina warga eks pengungsi Timtim terpanggil untuk ikut menyelesaikan masalah ini sehingga kami menemui gubernur Sultra," kata Eurico di Kendari, Jumat.

Pemerintah telah menganggarkan dana kompensasi bagi warga eks pengungsi Timtim yang ada di daerah ini, tetapi masih ada kendala yakni kontroversi data jumlah eks pengungsi sehingga harus diteliti cermat.

"Saya sudah jelaskan secara lengkap tentang keberadaan warga eks pengungsi Timtim yang ada di Sultra dan gubernur berjanji segera menyelesaikan permasalahan ini, namun meminta waktu untuk meneliti data eks pengungsi secara cermat," katanya.

Eks pengungsi Timtim versi Kokpit ada 6.087 kepala keluarga (KK), sedangkan versi Forum Solidaritas Pengungsi Masyarakat Sulawesi Tenggara (FSPMST) sebanyak 7.372 KK.

Eurico yang juga Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Nusa Tenggara Timur (NTT) optimistis permasalahan warga eks pengungsi Timtim yang ada di Sultra tuntas dalam waktu dekat.

"Percayalah bahwa masalah ini segera berakhir dan Gubernur Sultra Nur Alam adalah saudara saya. Dia Ketua PAN Sultra dan saya adalah Ketua PAN NTT," kata Eurico. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009