Marseille (ANTARA News) - Robert Louis-Dreyfus, pemegang saham utama pada klub sepak bola Prancis Olympique Marseille, Sabtu meninggal dunia, demikian menurut sumber-sumber yang dekat dengan klub Liga Utama Prancis (Ligue 1) itu.

"Robert Louis-Dreyfus meninggal di rumah sakit Zurich tempat ia dirawat karena sakit leukemia," tambah sumber-sumber tersebut seperti dikutip Reuters.

Ketua Liga Prancis Frederic Thiriez melayat untuk melakukan penghormatan yang terakhir kepada Louis-Dreyfus.

Cintanya pada sepak bola dan kegairahannya pada Olympique Marseille lebih kuat daripada apa pun," katanya dalam suatu pernyataan.

"Kami akan merasa sangat kehilangan dia. Saya turut menyatakan rasa belasungkawa yang besar kepada keluarganya, kepada Olympique Marseille serta kepada pendukung fantastik mereka.

Pengusaha berusia 63 tahun itu dan juga mantan pemilik bisnis pakaian olahraga Adidas mulai memimpin Marseille tahun 1997 dan menurut berita media massa Prancis, ia juga menanamkan modalnya lebih dari 200 juta euro ($280,4 juta) dalam klub tersebut.

Ia juga pemegang saham utama dalam kelompok komoditi Louis Dreyfus
yang termasuk di antara pengusaha terkemuka dalam mata dagang agrikultural.

"Saya sangat sedih karena seorang pengusaha besar yang juga adalah orang yang fantastis meninggal dunia hari ini dan karena ia memiliki rasa cinta yang begitu besar bagi dunia olahraga kami dan bagi Olympique Marseille", kata ketua Olympique Lyon Jean-Michel Aulas kepada radio France Info.

Jean-Louis Triaud, ketua klub Girondins Bordeaux, yang mengalahkan Marseille bagi gelar juara Ligue 1 musim ini juga memuji
Louis-Dreyfus sebagai seseorang yang "menenggelamkan diri seutuhnya pada Olympique Marseille".(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009