Jakarta,(ANTARA News) - Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyiapkan jaringan pada 2.000 desa di Indonesia untuk perhitungan cepat (quick count) jumlah suara Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Kami sudah menyiapkan tenaga kami pada 2.000 desa yang tersebar di Indonesia untuk perhitungan cepat LP3ES, sekaligus memantau perhitungan suara pada 3.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata peneliti dari LP3ES Usep Saeful Ahyar di Jakarta, Senin.

Menurut koordinator relawan LP3ES ini, jaringan yang disebar tersebut, sudah diakui akreditas dan kapabilitasnya, sehingga dijamin tidak akan memberikan informasi yang tidak benar di lapangan.

Mengenai sistem pelaporan jaringan PL3ES tersebut, ia mengatakan, melalui layanam pesan singkatdan telepon (voice).

Dengan kedua cara tersebut, pihak LP3ES di kantor pusat Jakarta akan mengumpulkan semua laporan dari 33 provinsi, kemudian disajikan dalam bentuk data resmi yang sudah siap dipublikasikan.

Hasil perhitungan cepat itu, lanjut Usep, diharapkan rampung sekitar pukul 15.00 WIB pada Rabu (8/7), dengan pertimbangan pada pukul 13.00 WIB atau waktu setempat pencontrengan di TPS sudah selesai.

"Hasil perhitungan itu segera diumumkan ke publik dengan bekerja sama dengan salah satu televisi swasta," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009