Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol masih tetap membludak, karena pengunjung yang rata-rata membawa keluarga masih ingin menggunakan sisa liburan sekolah yang tinggal lima hari lagi.

"Kami ingin memanfaatkan waktu yang tersisa ini bersama anak-anak di Ancol, karena pekan lalu kami berlibur ke rumah keluarga di Bandung," kata salah seorang pengunjung, Rafika di Ancol, Jakarta Utara, Selasa.

Sementara pengunjung lainnya, Darius yang memilih mendatangi Gelanggang Samudra, salah satu arena permainan di Ancol mengatakan, sengaja datang dari Bogor bersama rombongan teman sekolahnya.

"Untuk datang ke tempat ini, kami harus mengumpulkan uang dulu, karena untuk masuk ke tempat ini minimal dibutuhkan uang Rp100 ribu," katanya.

Membludaknya jumlah pengujung pada musim liburan sekolah ini, diakui petugas loket pintu masuk Ancol, Safiudin. Menurutnya, pengujung sejak pagi hingga menjelang petang masih berdatangan.

"Apabila dalam kondisi normal menghabiskan sekitar 60 ribu lembar karcis masuk untuk menikmati sembilan jenis permainan di Ancol, kini

karcisnya habis hingga 135 ribu lembar per hari," katanya memberikan perbandingan.

Kesembilan jenis permainan yang disiapkan di Ancol bagi pengujung adalah Taman pantai, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra, Atlantis, Pasar Seni, Seaworld Indonesia, Gondola, Hailai dan Bowling.

Mengenai kepadatan pengujung itu, juga diakui penjaga loket Gelanggang Samudera, Titin. Menurut dia, biasanya jumlah pengujung per hari hanya sekitar tujuh ribu pengujung, kini naik menjadi 13.500 hingga 15 ribu pengujung.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjutnya, khusus hari minggu/libur diberikan ekstra show khususnya untuk empat dimensi(4D) yakni pukul 11.00 dan 17.30 WIB.

Sementara harga tiket masuk lokasi Rp12 ribu per orang untuk usia diatas 12 tahun, sedang masing-masing wahana permainan memiliki tarif tersendiri, misalnya untuk Dunia fantasi Rp`140 ribu per orang, Atlantis Rp70 per orang, gelanggang samudra dan Seaworld masing-masing Rp80 ribu per orang.

Menanggapi harga tiket tersebut, Sukardi, pengujung Ancol mengatakan, pihaknya bersama keluarga lebih memilih Taman Pantai, karena tidak dipungut bayaran. Sementara wahana lainnya, dinilai cukup mahal untuk menikmati permainan di Ancol untuk lima anggota keluarga.

"Kalau mau nekat, bisa-bisa gaji sebulan habis untuk biaya rekreasi ini. Karena itu, kami memilih taman pantai saja, karena hanya membayar karcis masuk gerbang Rp12 ribu per orang," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009