Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Aceh menyatakan optimistis pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009 berjalan sukses dan lancar, kata Sekda Aceh Husni Bahri TOB di Banda Aceh, Selasa.

"Kita sangat optimistis pilpres kali ini akan berlangsung lancar di Aceh dan tentunya akan berjalan dengan sangat baik," katanya di Mapolda Aceh, Banda Aceh usai menyaksikan secara langsung telekonferensi antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan 10 gubernur

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdialog dengan 10 gubernur melalui fasilitas telewicara di Istana Negara, Rabu, untuk memeriksa kesiapan penyelenggaraan Pilpres 8 Juli.

Presiden berdialog dengan Gubernur Papua Barat Abraham O Ataruri,

Gubernur Maluku Karel Ralahalu, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faruk, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Gubernur Sulawesi Utara SA Sarundajang, Gubernur Sumatra Utara Syamsul Arifin dan Gubernur Riau Rusli Zainal.

Hadir pada acara menyaksikan telekonferensi itu antara lain Kapolda Aceh Irjen Polisi Aditya Warman, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Soenarko, Ketua DPRA Said Fuad Zakaria, Ketua KIP Abdussalam Poroh dan sejumlah muspida.

Sekda mengatakan, optimisme akan lancarnya penyelenggaraan Pemilu didasarkan tingkat koordinasi berbagai elemen yang ikut berpartisipasi dalam proses persiapan pesta demokrasi rakyat lima tahunan tersebut.

"Semua elemen baik Pemda, KIP, TNI/Polri termasuk masyarakat sudah menunjukkan partisipasinya untuk menyukseskan pemilu pilpres ini," katanya.

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Sekda Aceh, pihaknya sejauh ini tidak menemukan kendala yang berarti dalam mempersiapkan penyelenggaraan pemilu di Aceh.

"Laporan yang diterima dan disampaikan kepada Presiden SBY, merupakan sebuah laporan perkembangan persiapan pemilu di Aceh, dan sejauh ini kita tidak menemukan masalah yang berat dalam proses persiapan," katanya.

Sekda Aceh menegaskan, kesiapan pemerintah Aceh dalam menyukseskan pemilu Pilpres 8 Jui 2009.

"Kita sangat siap untuk pelaksanaan pemilu di Aceh, dan berdasarkan laporan bersama dengan presiden SBY semua provinsi juga sangat optimis dan siap menyukseskan pemilu ini," katanya.

Sementara Kapolda Aceh menyatakan, sampai saat ini situasi provinsi Aceh sangat kondusif dan ia yakin pemilu Pilpres di Aceh dapat berjalan dengan lancar.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk saat ini semuanya berjalan dengan baik dan aman. Kita sudah siap mengamankan proses pelaksanaan pemilu," kata Kapolda Aceh.

Kapolda mengharapkan, masyarakat dapat mengekspresikan aspirasinya pada pemilu Pilpres 8 Juli 2009.

"Dengan membaiknya situasi keamanan di Aceh, kita juga berharap masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya dengan baik dan demokratis," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009