Madrid (ANTARA News/Reuters) - Rafael Nadal yang terserang cedera dan finalis Wimbledon akan berada di antara nama-nama besar yang terpaksa absen pada perempatfinal Piala Davis Grup Dunia yang akan dimulai Jumat (10/7).

Nadal, yang kehilangan gelar Prancis Terbuka dan Wimbledon, serta peringkat nomor satu dia pada Roger Federer dalam sebulan terakhir ini, tidak dapat memperkuat sang juara Spanyol dalam menghadapi Jerman pada pertandingan di Marbella, karena masih merasakan sakit pada lututnya.

Spanyol juga tidak diperkuat David Ferrer, yang cedera otot dan digantikan oleh petenis yang pernah menjadi nomor satu dunia Juan Carlos Ferrero, sedang cedera pinggul memaksa mundurnya Roddick dari tim Amerika Serikat dalam menghadapi Kroasia di Porec.

Waktu pertandingan delapan besar itu akan berlangsung tidak lama setelah ketatnya jadwal pertandingan di lapangan tanah liat dan lapangan rumput, yang kembali memberi kesulitan pada pemain menghadapi jadwal yang padat.

Namun demikian Spanyol, dengan Fernando Verdasco, Tommy Robredo, dan Feliciano Lopez di tim, masih terlalu tangguh bagi Jerman dalam pertandingan di lapangan tanah liat yang menjadi favorit mereka.

Sementara itu Mardy Fish dipanggil untuk menggantikan Roddick dalam upaya Amerika Serikat untuk mengalahkan Kroasia, untuk pertama kalinya, setelah dikalahkan mereka pada babak pertama pada 2003 dan 2005.

Di Ostrava, Republik Ceko akan bertarung untuk mencapai semifinal Piala Davis mereka untuk pertama kali sejak 1996, saat mereka menjamu runner-up tahun lalu Argentina.

Namun belum jelas apakah Radek Stepanek, yang mengalami masalah pada lututnya, akan bisa prima untuk pertandingan itu.

Argentina, yang mengalahkan Republik Ceko 5-0 pada pertandingan terakhir mereka pada 2005, akan dipimpin oleh petenis peringkat lima dunia Juan Martin Del Potro, setelah absennya David Nalbandian yang cedera.

Rusia, juara pada 2002 dan 2006, yang akan melawan Israel, akan diperkuat petenis peringkat 24 Igor Andreev di nomor tunggal. Pemain lainnya di tim Rusia adalah Marat Safin, Mikhail Youzhny, dan

Igor Kunitsyn, yang menggantikan Dmitry Tursunov, yang cedera.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009