Jakarta,(ANTARA News) - Sekitar 80 persen suara pemilih dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) sudah terkumpul di pusat data Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

"Hingga pukul 14.15 WIB sudah sekitar 30 persen total suara pemilih di Indonesia terkumpul dan khusus suara pemilih dari KTI sudah masuk 80 persen," kata peneliti dari LP3ES Utep Saiful Asyar di Jakarta, Rabu.

Menurut Utep yang juga koordinator relawan seluruh Indonesia untuk perhitungan cepat LP3ES, dari jumlah suara pemilih wilayah KTI, pasangan capres Jusuf Kalla-Wiranto mendominasi daripada dua pasangan capres lainnya yakni Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono dan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto.

Setelah pukul 13.00 WIB, suara pemilih dari Jawa menyusul dan mulai mendongkrak suara pasangan SBY-Boediono yang sebelumnya tertinggal dari jumlah suara pasangan JK-Wiranto, katanya.

Namun, total suara yang masuk saat ini, menurut dia, masih sekitar 30 persen.
"Jumlah suara terus bergerak dan jumlah suara dari ketiga pasangan capres saling menyusul," katanya.

Sementara untuk proses pemasukan data di kantor LP3ES selaku pusat olah data, kata dia, sekitar 150 relawan dilibatkan. Sedangkan di daerah terdapat 2.000 kolektor yang ditempatkan pada 2.000 desa yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

Khusus relawan yang dilibatkan di kantor pusat, Utep mengatakan umumnya adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Untuk memudahkan koordinasi dan in put data dibentuk empat wilayah koordinator regional yakni regional satu meliputi Sumatra, regional dua yakni Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, regional tiga DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur serta regional empat untuk seluruh wilayah KTI," katanya.

Hingga saat ini pengumpulan data masih terus dilakukan dan dijadwalkan pada pukul 16.00 WIB, pihak LP3ES bekerjasama dengan salah satu televisi swasta akan merilis akumulasi penghitungan suara pilpres.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009