Jakarta (ANTARA News) - Pasangan capres dan cawapres Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono meraih suara terbanyak dalam penghitungan sementara pilpres yang diselenggarakan di aula Kedutaan Besar RI di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) pada Rabu.

Duta Besar RI untuk PEA, M. Wahid Supriyadi dalam keterangannya kepada ANTARA News di Jakarta, Kamis, mengatakan, pasangan SBY-Boediono meraih 244 suara (71,55 persen), disusul pasangan Megawati-Prabowo 54 suara (15,84 persen) dan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto 30 suara (8,80 persen) dari total 341 suara.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Abu Dhabi mencatat sebanyak 13 suara (3,81 persen) dinyatakan tak sah.

Sebanyak 3.299 pemilih terdaftar dalam Pilpres dan empat orang pindah untuk mencontreng ke Tanah Air.

"Panitia menerima 2.599 surat suara yang dikirim para pemilih via pos," kata Dubes Wahid.

Menurut dia, lebih banyak pemilih yang datang mencontreng pada Pilpres 8 Juli daripada pemilihan legislatif yang diadakan pada 9 April lalu.

Dubes Wahid mengatakan Pilpres mulai berlangsung pukul 08.00 dan berakhir pukul 18.00 waktu setempat.

"Saya sendiri pergi mencontreng sekitar pukul 10.00 dan para pemilih lain dari berbagai kawasan di Abu Dhabi dan kota-kota lain yang terdekat berdatangan hingga menjelang penutupan," kata Wahid yang mengaku saat mencontreng tak disertai istrinya karena sedang berada di Yogyakarta.

Ia mengatakan, kendati libur musim panas di PEA, warga masyarakat Indonesia antusias untuk memberikan suara pada Pilpres 2009.

Ditambahkannya, sejumlah tenaga kerja wanita Indonesia tampak diantar oleh majikan mereka ke KBRI.

Dubes Wahid yang telah bertugas lebih setahun di Abu Dhabi juga mengatakan sejumlah surat kabar lokal yang berbahasa Arab dan Inggris memberitakan kampanye di Tanah Air.

"Beberapa wartawan setempat datang untuk meliput suasana Pilpres," ujarnya.

Secara terpisah Sekretaris I Bidang Informasi dan Budaya KBRI di Abu Dhabi, Lely Meiliani, mengatakan pasangan SBY-Boediono juga meraih suara terbanyak dalam Pilpres di Konsulat Jenderal RI di Dubai, Emirat lain di PEA.

Menurut dia, pasangan SBY-Boediono memperoleh 578 suara, disusul pasangan Megawati-Prabowo (134 suara) dan Jusuf Kalla-Wiranto (75 suara).

PPLN di Dubai menerima surat suara yang dikirim via pos sebanyak 1.355 dan mencatat sebanyak 31 suara tak sah dalam Pilpres itu dengan total pemilih yang terdaftar 818 orang.

"Dalam Pilpres baik yang diselenggarakan di Abu Dhabi dan Dubai, tak ada saksi yang bertugas," demikian Lely. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009