Ramallah, Tepi Barat (ANTARA News/AFP) - Para penengah Mesir Kamis mengadakan pembicaraan pertama mereka di Tepi Barat dengan wakil-wakil Hamas sejak sebelum gerakan Islam itu merebut Jalur Gaza pada Juni 2007.

"Untuk pertama kali dalam tiga tahun, kami sangat senang untuk menemui teman-teman Mesir kami di sini dan merasa optimistis bahwa pembicaraan ini akan membuahkan hasil," wakil Hamas Omar Abdel Razek mengatakan pada AFP sebelum pertemuan.

Pembicaraan yang ditujukan untuk mengakhiri perselisihan dua tahun antara Hamas dan kepemimpinan Palestina dari presiden Mahmud Abbas itu diadakan di sebuah hotel di markas Abbas di Ramallah di Tepi Barat.

Pembicaraan itu menyusul pembicaraan pada dini hari itu antara delegasi Mesir yang dipimpin oleh wakil kepala intelijen Mohammed Ibrahim, dan perdana menteri Palestina Salam Fayyad serta kepala juru runding Ahmed Qorei.

Kelompok-kelompok Palestina yang bersaing telah memulai lagi pembicaraan rekonsiliasi pada Februari. Mereka sepakat untuk memulai apa yang mereka katakan akan menjadi putaran terakhir pembicaraan pada 25 Juli.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009