Jakarta (ANTARA News) - Penjualan produk-produk teknologi informasi selama National IT Expo (NIX) 2009 di Pekan Raya Jakarta (PRJ), hingga 5 Juli mencapai Rp85 miliar, lebih tinggi dari yang ditargetkan Rp50 miliar.

"Dengan melebihnya target tersebut Apkomindo (Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia) optimistis, pada akhir pameran nanti, penjualan dapat mencapai Rp99 miliar," kata Ketua Umum Apkomindo, Suhanda Wijaya, pada Business Forum di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jumat.

Ia menjelaskan, penjualan PC meningkat dalam kuartal pertama tahun ini yaitu 650 ribu unit dibandingkan periode sama 2008 yang hanya 550 ribu unit.

Dari sisi perkembangan, teknologi processor komputer setiap tahunnya maju pesat, sehingga produsen perangkat lainnya seperti keyboard, monitor, dan lain-lain mengikuti tren.

Menurut dia, tren perkembangan komputer di Indonesia akan maju jika iklim pengusaha kondusif, antara lain dari sisi regulasi, ketenagakerjaan, dan infra struktur.

"Apkomindo memiliki tantangan untuk mengembangkan produknya, misalnya jika ingin meluncurkan produk baru harus memiliki service center, kartu garansi, konter dengan minimal harus mempunyai enam tempat, karena sesuai Peraturan Memperindag yang bertujuan melindungi konsumen," kata dia.

Museum Rekor Indonesia (MURI) menganugerahi Apkomindo sebuah penghargaan dengan kategori "Penyelenggara Pameran Terlama". Penyelenggaraan pameran NIX 2009 oleh Apkomindo ini, digelar dengan terobosan baru selama sebulan penuh dan menempati lokasi baru yang sangat strategis.

Sementara itu, jumlah pengunjung PRJ setiap harinya pada hari kerja mencapai 70 ribu orang dan minimal 120 ribu orang pada akhir pekan.

"Sekitar 60 persen pengunjung tersebut mengunjungi pameran NIX di Hall C2 dan C3, yang banyak disesaki oleh pengunjung pemula, terutama yang datang dari luar kota," ujarnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009