New York (ANTARA News/Reuters) - Pelatih timnas Meksiko Javier Aguirre telah dikenakan skorsing untuk tiga pertandingan oleh badan sepak bola CONCACAF setelah bentrok dengan pemainPanama Ricardo Phillips dalam pertandingan grup mereka di Piala Emas.

Pada sisa waktu 10 menit saat kedudukan 1-1, Aguirre meninggalkan wilayah teknisnya dan menjulurkan kakinya di depan pemain itu bertepatan saat bola melintas keluar garis di wilayah Meksiko.

Kaki pelatih Meksiko itu tampak seperti menendang Phillips, yang bereaksi dengan marah, sehingga menyebabkan perkelahian di lapangan dan kerusuhan massa di tribun penonton.

Pertandingan itu dihentikan selama 12 menit sampai keadaan dapat ditertibkan dan diatasi.

CONCACAF memutuskan bahwa kendati "Aguirre tidak bermaksud melukai Phillips, ia meninggalkan wilayahnya untuk terlibat dalam aktivitas yang mengakibatkan kontak itu dan menimbulkan kesalahpahaman."

Skorsing Aguirre itu akan membuatnya tidak dapat mendampingi timnas Meksiko memainkan pertandingan terakhir grup di Piala Emas pada Minggu saat berhadapan dengan Guadeloupe dan tetap berlaku sampai pertandingan final pada 26 Juli mendatang di Giants Stadium di New York -- jika tim itu berhasil lolos ke babak final.

Tetapi jika Meksiko tidak mencapai babak semi final di piala ini, skorsing Aguirre itu akan berlaku hingga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010 dan pertandingan mendatang Meksiko tersebut merupakan pertandingan ujicoba yang sangat penting melawan musuh bebuyutan mereka, Amerika Serikat, pada 12 Agustus mendatang.

CONCACAF juga mengenakan denda kepada Federasi Sepak Bola Meksiko sebesar $25.000 atas partisipasi tim tersebut dalam perkelahian itu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009