ada perluasan dapur umum dengan pemberdayaan UMKM
Sidoarjo (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau keberadaan dapur umum peduli COVID-19 yang berada di Mapolresta Sidoarjo Jawa Timur, menyusul adanya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), untuk menanggulangi penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo.

"Saya meninjau keberadaan dapur umum ini, karena selain Sidoarjo pemberlakuan PSBB juga terjadi di Surabaya dan Gresik," katanya.

Ia mengemukakan, untuk di Sidoarjo posko dapur umum berada di Mapolresta Sidoarjo, Gresik di Makodim setempat, kemudian di Surabaya ada di Kodam, Lantamal Marinir, dan di Polrestabes Surabaya.

"Ke depannya ada perluasan dapur umum dengan pemberdayaan UMKM," katanya.

Baca juga: Gubernur Jatim usul UMKM dilibatkan siapkan makanan siap saji
Baca juga: REI Jatim sumbang 6 ton beras ke dapur umum Surabaya


Nantinya, kata dia, setiap UMKM itu akan menyiapkan sebanyak 100 posisi untuk makan sahur sebanyak 50 porsi dan untuk berbuka puasa sebanyak 50 porsi.

"Hal itu dilakukan untuk peluang UMKM supaya mereka tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Dirinya mencontohkan, seperti di lapangan Kodam V Brawijaya akan dibuat pasar untuk ngabuburit, tetapi jumlahnya jauh dari pasar malam sebelum-sebelumnya.

"Mungkin hanya sekitar 25 persen dari pasar malam," katanya.

 Baca juga: Jam malam PSBB di Sidoarjo-Jatim jaring 301 orang yang melanggar
Baca juga: Enam warga yang diamankan saat razia PSBB Surabaya segera dites "swab"


Gubernur Jatim mengatakan, selama pelaksanaan pekan pertama PSBB dirinya sudah melakukan koordinasi dengan sekretaris daerah di masing-masing wilayah.

"Jika sebelumnya dilakukan razia pada malam hari saja, kini akan dilakukan pada siang hari, sebagai antisipasi tindak penodongan yang terjadi beberapa waktu lalu," katanya.

Di dapur umum COVID-19 di Sidoarjo setiap harinya mampu memproduksi sekitar 2.000 bungkus nasi bungkus untuk makan sahur dan 2.000 bungkus untuk berbuka puasa.

Baca juga: Gugus Tugas Jatim tertibkan warga berkerumun di masa PSBB
Baca juga: Pemprov Jatim distribusikan kebutuhan logistik dapur umum wilayah PSBB

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020