Selain itu, personel Pos Angkatan Laut (Posal) Talaud juga dikerahkan untuk membantu gugus tugas tingkat Kecamatan ..."
Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane mengerahkan Tim Laut untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Komandan Lanal (Danlanal) Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, dalam keterangan resmi, Rabu, mengatakan Tim Laut Lanal Melonguane yang menggunakan kapal taktis berkemampuan di pantai, teluk, dan laut dalam (sea rider) untuk melakukan pengamanan dan penyekatan terhadap oknum pelaku perjalanan yang terindikasi tidak mematuhi peraturan dan prosedur pencegahan COVID-19.

Selain itu, ia mengemukakan, operasi di laut tersebut berusaha mencegah pelaku yang menghindari pemeriksaan di pelabuhan dengan cara menyeberang menggunakan kapal cepatr (speed boat) antarpulau di Kabupaten Talaud.

Baca juga: Lanal Melonguane terus lakukan pencegahan Corona

Lanal Melonguane juga melibatkan tim darat yang bergabung dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Talaud untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, penyemprotan disinfektan ke penumpang dan barang, serta melakukan pengamanan terhadap petugas kesehatan yang melakukan skrining.

"Selain itu, personel Pos Angkatan Laut (Posal) Talaud juga dikerahkan untuk membantu gugus tugas tingkat kecamatan dalam upaya menekan penyebaran COVID-19," katanya.

Salah satu yang dilakukan Tim Laut Lanal Melonguane, seperti pada Selasa (5/5), adalah mengawal salah satu kapal penumpang dari Manado saat memasuki ujung Tanjung Pulau Salibabu hingga kapal tersebut berlabuh, sandar serta bongkar muat penumpang dan barang di Pelabuhan Lirung.

Pengawalan kapal terus dilakukan Tim Laut Lanal Melonguane saat kapal tersebut bertolak dari Palabuhan Lirung menuju Palabuhan Melonguane.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2020