Madrid (ANTARA) - Saham-saham Spanyol merosot pada perdagangan Rabu (6/5), membalikkan keuntungan sehari sebelumnya, dengan indeks acuan IBEX 35 di Bursa Efek Madrid turun 1,13 persen atau 76,00 poin, menjadi berakhir di 6.671,70 poin. Indeks IBEX-35 menguat 1,11 persen menjadi 6.747,70 poin pada penutupan perdagangan Selasa (5/5), seiring dengan tren kenaikan pasar saham global ketika negara-negara mulai membuka kembali kuncian (lockdown) virus corona.

Sebanyak 28 saham dari 35 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang menjadi komponen IBEX, tercatat mengalami kerugian dan tujuh saham lainnya membukukan keuntungan.

ArcelorMittal, perusahaan produsen baja terkemuka Spanyol, menderita kerugian terbesar (top loser) di antara saham-saham unggulan atau blue chips, dengan harga sahamnya kehilangan 3,74 persen.

Disusul oleh saham kelompok perusahaan penyedia solusi teknologi untuk sektor perjalanan Amadeus IT Group yang jatuh 3,61 persen, serta perusahaan produsen selulosa dan energi bersih ENCE Energia y Celulosa turun 3,36 persen.

Di sisi lain, Naturgy, perusahaan penyedia pasokan listrik dan gas Spanyol, berkinerja terbaik (top gainer) dari saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya terangkat 2,03 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan raksas tekstil Spanyol Inditex yang menguat 1,46 persen, dan perusahaan konstruksi penyedia infrastruktur Spanyol ACS naik 1,39 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020