Kuala Lumpur (ANTARA News/AFP) - Michael Owen melakukan debutnya di Manchester United, Sabtu, dengan mencetak gol penentu ketika klub juara Inggris itu mengalahkan tim Malaysia XI 3-2 dalam pertandingan persahabatan di Kuala Lumpur.

Mantan striker klub Newcastle dan timnas Inggris yang pindah ke Old Trafford melalui transfer bebas bulan ini, masuk sebagai pemain pengganti bagi Wayne Rooney di menit ke-60 ketika kedudukan 2-2.

Memakai kostum nomor tujuh, ia beraksi saat pertandingan tinggal lima menit lagi dengan mengangkat bola di kotak penalti dan mengitari kiper Malaysia sebelum melepaskan tembakan dari kaki kanannya ke gawang.

Gol tersebut membuat Manchester United terhindar dari hasil seri, setelah sempat unggul dua gol melalui Rooney dan Nani namun dapat diimbangi oleh Malaysia.

Kesalahan kiper dimanfaatkan oleh tim tuan rumah untuk menyamakan kedudukan melaui gol Amri Yahyah.

"Saat unggul 2-0 kami dalam posisi sangat bagus, tapi gol balasan itu membuat mereka bangkit dan dapat memberi kami perlawanan yang sesungguhnya," kata pelatih MU Sir Alex Ferguson.

Ferguson menambahkan, gol kemenangan MU merupakan gol khas Owen, sehingga ia mengaku tidak terlalu terkejut.

"Itu adalah ciri golnya Michael Owen. Saat Ryan (Giggs) lolos, orang pertama yang bereaksi adalah Owen. Ini merupakan start yang bagus bagi dia."

Ferguson yang membawa 22 pemainnya ke tur Asia, sebelumnya berjanji akan menampilkan formasi terbaiknya sebagai starter -- dan itu tidak termasuk Owen.

Ia memasang Rooney dan Dimitar Berbatov di lini depan, serta Darron Gibson di sayap kanan dan Nani di sayap kiri.

Paul Scholes dan Anderson di lini tengah, sementara sebagai kapten tim adalah Rio Ferdinand.

Di lini belakang ada Patrice Evra, Jonny Evans dan John O`Shea, dengan Edwin Van Der Sar di bawah mistar.

Rooney mendapat peluang mencetak gol saat pertandingan baru berjalan dua menit, namun kiper Malaysia Farizal Marlias dapat melakukan menyelamatan. Evans juga nyaris mencetak gol ketika menyambar bola tendangan sudut dengan sundulannya.

MU akhirnya mencetak gol pada menit ketujuh ketika Gibson mengirim bola dari sayap kanan dan disambut oleh Berbatov, namun bola dapat dihadang kiper Marlias. Bola pantulan kemudian dimanfaatkan oleh Rooney dengan mudah untuk menghasilkan gol.

Satu menit kemudian Rooney hampir mencetak gol lagi namun bola dapat ditepis ke atas mistar.

Pada menit ke-27 MU mencetak gol kedua ketika Rooney memberi umpan matang yang disambut oleh Nani dengan tendangan dari jarak dekat.

Namun menjelang akhir babak pertama Malaysia bangkit ketika Yahyah memanfaatkan kelengahan kiper Van Der Sar dengan tendangan dari jarak 30 meter.

Ben Foster yang menggantikan Van Der Sar di babak kedua juga membuat kesalahan yang tidak perlu. Ia gagal mengamankan sebuah umpan balik yang kemudian dimanfaatkan oleh Yahyah di menit ke-52 sehingga kedudukan menjadi 2-2.

Ferguson kemudian melakukan empat pergantian dengan memasukkan Owen, Wes Brown, Zoran Tosic dan Fabio.

Pertandingan seperti akan berakhir imbang sebelum Owen akhirnya dapat mencetak gol penentu kemenangan MU.(*)

Pewarta: Ardianus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009