Jakarta (ANTARA News) - Mantan pemain Timnas Inggris Michael Owen mampir ke kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Senin, untuk diterima Seskemenpora Gatot S. Dewa Broto didampingi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana.  Mantan bintang liga Inggris lainnya yang juga sesama mantan pemain Manchester United, akan segera menyusul bulan depan.

Kehadiran mantan pemain Liverpool, Real Madrid dan Manchester United itu adalah untuk memperkenalkan akademi sepak bola miliknya sendiri, Michael Owen Football Center (MOFC) dan demi menyemangati talenta muda sepak bola Indonesia.

"Saya berterima kasih atas kedatangan Michael Owen. Dengan kedatangannya semoga akan banyak lagi pemain-pemain Eropa ke Indonesia. Dan akhir bulan depan, David Beckham juga akan datang ke Indonesia. Semoga kedatangan ke Indonesia ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan sepakbola Tanah Air," kata Gatot dalam keterangan resmi.

Gatot mengungkapkan Owen sangat konsen pada pembinaan pemain usia dini yang akan menjadi ujung tombak saat sudah dewasa. Owen juga sangat mengapresiasi pendukung sepak bola di Indonesia.

"Bahwa untuk menjadi bintang itu dimulai dari usia dini. Kedatangan Michael Owen akan mendorong pemain-pemain usia dini," kata Gatot.

Menurut Gatot, Owen sangat mengagumi suporter Indonesia, apalagi banyak suporter Indonesia yang mendukung klub-klub asal Eropa. Namun, Owen meminta dukungan itu harus berdampak positif, tidak cuma fanatisme.

Michael Owen menilai Indonesia negara yang tepat untuk membentuk akademi dan menganggap Indonesia memiliki pesepak bola yang kuat dan potensial.

"Sepak bola membutuhkan banyak orang untuk bermain. Di MOFC, kita berlatih mengontrol bola. Jadi saya pikir ini terbuka untuk semua orang. Saya tahu dari negara saya, Indonesia punya gairah besar untuk sepak bola," kata Michael Owen.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018