Palu (ANTARA News) - Pesawat terbang milik maskapai Batavia Air sempat mengalami gagal terbang di Bandara Mutiara Palu, Sulawesi Tengah, Minggu pagi. setelah salah satu kampas remnya mengeluarkan asap karena terlalu panas.

Akibat kejadian itu, ratusan penumpang pesawat terbang jenis Boeing 737-300 tujuan Palu-Jakarta tersebut turun dan menunggu perbaikan.

Masalah teknis tersebut akhirnya dapat diperbaiki dalam waktu sekitar 30 menit oleh tim teknisi.

Ashjianty Arbi, petugas Bandara Mutiara yang dikonfirmasi membenarkan hal itu, dan mengatakan kejadian tersebut tidak sempat mengganggu jadwal penerbangan lainnya.

"Semua bisa diselesaikan dan penumpang pun naik ke pesawat kembali," ujarnya.

Menurutnya, rem yang mengeluarkan asap itu masih baru sehingga jika terlalu panas akan mengeluarkan asap. "Itu biasa dan juga pernah dialami oleh pesawat lain," katanya.

Dia juga mengatakan, para penumpang sempat terlihat panik, namun setelah pihak Batavia Air menjamin gangguan tersebut tidak bermasalah dan dapat segera diperbaiki, penumpang pun merasa lega.

Arbi menceritakan, insiden tersebut terjadi pada pukul 08.00 waktu setempat. Saat itu mesin sudah dalam keadaan hidup dan pesawat sudah berjalan beberapa meter di landasan.

Namun, sesaat kemudian keluar asap dari ban bagian belakang pesawat, dan pilot terpaksa menghentikan pesawat dan mematikan mesinnya.  (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009