Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang di Laut Arafuru mencapai 3 hingga 4 meter sepanjang Minggu (19/7) sampai Senin (20/7).

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Senin pagi menyebutkan gelombang laut dengan tinggi 3 - 4 meter juga berpeluang terjadi di perairan Merauke dan perairan utara Aceh.

Sementara itu, di perairan barat Aceh, perairan barat Sumatera Barat hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan serta perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, tinggi gelombang mencapai 2 - 3 meter.

Gelombang dengan tinggi yang sama juga kemungkinan terjadi di Laut Timor, Laut Banda, perairan selatan Pulau Buru dan Seram, perairan Kepulauan Kai, perairan Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Aru serta Laut Cina Selatan.

Sedangkan di Laut Andaman, gelombang berkisar antara 4 - 5 meter.

Adapun prakiraan cuaca hari ini hingga esok Selasa (21/7) menunjukkan hujan ringan di sejumlah daerah di Papua dengan suhu yang bervariasi.

Hujan ringan berpeluang terjadi di Jayapura dengan suhu minimum 23 dan maksimum 31 derajat selsius.

Kondisi cuaca yang sama kemungkinan terjadi di Sorong dengan suhu rata-rata 24 - 31 derajat.

Biak dan Manokwari juga berpeluang terjadi hujan ringan dengan suhu minimum 24 derajat dan maksimum masing-masing 30 dan 32 derajat selsius.

Sedangkan cuaca berawan dengan suhu 23 - 28 derajat berpeluang terjadi di Merauke.

Peringatan dini hujan deras disertai kilat dan angin kencang berlaku untuk sejumlah daerah hingga hari ini, yaitu di pesisir barat Sumatera bagian tengah, Sumatera bagian barat, tengah dan selatan.

Selanjutnya di Kalimantan Timur bagian timur dan utara, Sulawesi bagian tengah dan barat, Maluku bagian utara dan tengah serta Papua bagian barat dan utara.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009