Dallas (ANTARA News/Reuters) - Kosta Rika dan Meksiko melaju dan bertemu di babak semi final Piala Emas CONCACAF setelah masing-masing membukukan kemenangan mereka pada pertandingan perempat final Minggu.

Striker Alvaro Saborio mencetak dua gol untuk membantu Kosta Rika melibas Guadeloupe 5-1, sementara Miguel Sabah juga menyarangkan dua gol dalam kemenangan Meksiko 4-0 melawan Haiti.

Meksiko dan Kosta Rika akan bertemu di semi final yang akan diadakan di Chicago pada Kamis mendatang. Amerika Serikat bertemu dengan Honduras dalam pertandingan lain di semi final Piala Emas itu pula.

Lebih dari 80.000 orang menonton "event" olah raga pertama yang digelar di stadion baru Dallas Cowboys itu.

Tendangan akrobatik bola lambung yang mencengangkan dari Celso Borges, setelah mendapat umpan dari Armando Alonso, membuat Kosta Rika unggul terlebih dahulu di menit ketiga.

Alonso yang bergerak lincah kembali memberi umpan matang kepada Saborio bagi terciptanya gol kedua Kosta Rika lewat tandukannya di menit ke-16.

Kosta Rika kembali memegang kendali pertandingan setelah waktu turun minum dengan gol yang dilesakkan oleh Andy Herron dan kendati Guadeloupe bisa membalaskan satu gol melalui serbuan Alexandre Alphonse, hasilnya belum bisa dipastikan.

Saborio menyarangkan gol keduanya setelah mendapat umpan dari Borges sehingga kedudukan menjadi 4-1 untuk Kosta Rika dan kemudian Pablo Herrera memastikan kemenangan tim itu dengan tambahan satu golnya menjelang akhir pertandingan, dan Kosta Rika menang 5-1 atas Guadeloupe.

Sabah membuka gol bagi Meksiko setelah penalti Israel Castro digagalkan oleh kiper Haiti Jean Zephirin.

Giovanni Dos Santos kemudian menambah gol Meksiko itu lewat tembakannya yang akurat dari sisi kotak penalti dan setelah waktu turun minum ia memberi umpan matang yang dimanfaatkan Sabah untuk ditandukkan ke gawang lawan sehingga kedudukan menjadi 3-0.

Penampilan yang luar biasa dari tim Meksiko semakin sempurna ketika Dos Santos melepaskan tendangan pojok yang dimanfaatkan dengan baik oleh pemain pengganti Pablo Barrera yang melakukan tendangan voli untuk memperkokoh kemenangan Meksiko menjadi 4-0.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009