Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang di perairan Merauke berkisar 3 - 4 meter sepanjang Senin hingga Selasa.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Selasa pagi menyebutkan daerah gelombang tinggi 2 - 3 meter berpeluang terjadi di perairan barat dan utara Aceh, perairan barat Sumatera Barat hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa serta Laut Jawa selatan Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, tinggi gelombang yang sama juga kemungkinan terjadi di Laut Banda, perairan Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Aru dan Laut Arafuru.

Sementara di Laut Andaman, tinggi gelombang mencapai 4 - 5 meter.

Peringatan dini gelombang tinggi sampai Kamis (23/7) diberlakukan di sejumlah perairan. Peringatan dini daerah gelombang tinggi 2 - 3 meter berlaku untuk Laut China Selatan, perairan utara Aceh, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat.

Peringatan yang sama juga berlaku di perairan Kepulauan Aru dan Tanimbar, Laut Arafuru serta perairan Merauke.

Sedangkan di Laut Andaman, peringatan dini disebabkan gelombang mencapai 3 - 5 meter.

Sementara itu, cuaca di sebagian daerah di Papua berpeluang berawan hingga esok Rabu. Di Jayapura, cuaca berawan dengan suhu minimum 23 dan maksimun 31 derajat celsius.

Cuaca yang sama juga kemungkinan terjadi di Sorong dan Merauke dengan suhu masing-masing 24 - 31 dan 23 - 29.

Sedangkan di Biak, berpeluang hujan ringan dengan suhu rata-rata 23 - 30 derajat celsius.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009