Samarinda (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menyatakan sebanyak 31 orang sudah dinyatakan sembuh dari jumlah 214 kasus COVID-19 yang terjadi di wilayah setempat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan per Sabtu, 9 Mei 2020, kasus sembuh dari pasien terkonfirmasi positif kembali bertambah sebanyak 9 (sembilan) kasus. Dengan rincian, Balikpapan 7 kasus, Kutai Barat 1 kasus dan Kutai Timur 1 kasus.

Dijelaskan, sembilan pasien positif tersebut dinyatakan sembuh setelah hasil tes dari BBLK Surabaya sudah dua kali negatif.

Baca juga: Bupati Tana Toraja ungkap pasien positif COVID-19 telah sembuh

"Jadi hingga hari ini total pasien COVID-19 yang sembuh 31 kasus. Hal ini tentu menggembirakan, seiring meningkatnya kasus positif, tetapi di satu sisi juga terjadi penambahan pasien yang sembuh. Yang memang selama perawatan mengikuti anjuran dari dokter dan perawat," kata Andi Ishak menyampaikan rilis harian diterima di Samarinda, Sabtu malam.

Andi meminta kepada masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan semangat kepada pasien COVID-19 termasuk kepada keluarga pasien, karena dukungan moril tersebut dapat membantu pasien dalam proses penyembuhan. Hanya dengan tekad bersama dan bergotong royong wabah virus corona bisa segera berakhir.

Baca juga: Penambahan pasien COVID-19 didominasi dari Surabaya

"Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif COVID-19 agar segera sembuh. Masyarakat teruslah berikan dukungan dengan tetap di rumah. Jika ada aktivitas di luar maka segeralah selesaikan dan segera kembali ke rumah. Tetap gunakan masker jika beraktvifitas di luar rumah. Terapkan pola hidup bersih dan sehat untuk memutus penyebaran virus ini," pesannya.

Andi Ishak mengungkapkan saat ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.699 kasus, dengan rincian selesai pemantauan 7.945 kasus dan masih proses pemantauan 754 kasus.

"Ini memberikan gambaran sudah semakin menurun jumlah ODP yang dipantau, semoga kondisi kita semakin baik," tambahnya.

Baca juga: Yurianto: Pasien sembuh bertambah 113 orang

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020