Kota, Pakistan, (ANTARA News) - Tentara Pakistan telah menewaskan lebih dari 50 gerilyawan dalam dua hari pertempuran di kabupaten Lower Dir, kata militer.

Pasukan keamanan melakukan operasi pencarian dan penutupan di beberapa desa di Lower Dir pada 19 dan 20 Juli terhadap gerilyawan yang telah menghindari operasi militer di lembah Swat, yang berdekatan, kata militer dalam satu pernyataan yang dikeluarkan Senin larut malam, demikian dikutip dari Reuters.

"Selama operasi itu, lebih dari 50 gerilyawan tewas dan beberapa orang lagi cedera," demikian antara lain isi pernyataan paramiliter Penjaga Perbatasan.

Militer Pakistan berada pada tahap terakhir operasi yang dimulai sekitar dua bulan lalu di Swat.

Militer menyatakan telah menewaskan lebih dari 1.700 gerilyawan, tapi pengeritik mengatakan sedikit pemimpin gerilyawan yang telah disingkirkan. Perkiraan terpisah mengenai korban jiwa belum diperoleh.

Kerusuhan di seluruh Pakistan barat-laut dan penyebaran pengaruh Taliban telah meningkatkan keprihatinan mengenai ketidak-amanan di negara bersenjata nuklir tersebut, sekutu penting dalam misi Barat guna menstabilkan Afghanistan dan menghancurkan Al-Qaeda.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009