Gugus Tugas COVID-19 Sulut masih menunggu hasil uji 181 sampel swab

Gugus Tugas COVID-19 Sulut masih menunggu hasil uji 181 sampel swab

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel (1)

Sepanjang perjalanan gugus tugas, sudah ada sebanyak 1.391 sampel swab yang diperiksa
Manado (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu hasil uji atau pemeriksaan laboratorium sebanyak 181 sampel swab. 

"Sepanjang perjalanan gugus tugas, sudah ada sebanyak 1.391 sampel swab yang diperiksa," kata dr Steaven di Manado, Minggu.

Baca juga: Sulut ketambahan 18 kasus baru COVID-19

Dari 1.391 sampel swab yang diperiksa, sebanyak 1.210 sampel swab sudah ada hasilnya di mana sebanyak 1.105 sampel hasilnya negatif dan sisanya sebanyak 105 sampel hasilnya positif COVID-19.

Hasil sampel laboratorium positif tersebut adalah nilai kumulatif dari pasien baru serta pasien terkonfirmasi positif yang ditindaklanjuti dengan pemeriksaan laboratorium lanjutan yang hasilnya masih positif.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 sembuh di Sulut bertambah

"Karenanya jumlah kasus positif ini (105 sampel) lebih banyak dari yang terkonfirmasi positif saat ini yaitu sebanyak 71 kasus," ujarnya.

Sebanyak 181 sampel swab yang masih ditunggu hasilnya terdistribusi di Laboratorium Litbangkes (empat sampel), Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar (29 sampel), serta Laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit Manado (120 sampel).

Steaven mengatakan dinamika pergerakan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 setiap hari ikut dipengaruhi kecepatan atau keterlambatan hasil uji sampel yang diterima.

Baca juga: Baznas bersinergi bagikan paket makanan di tengah pandemi COVID-19

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas COVID-19 sebut tiga klaster besar penyebaran COVID-19 DKI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar