Pertolongan pertama ibu hamil sakit gigi di tengah pandemi COVID-19

Pertolongan pertama ibu hamil sakit gigi di tengah pandemi COVID-19

sakit gigi (id.wikipedia.org)

Jakarta (ANTARA) - Para ibu hamil yang mungkin mengalami sakit gigi di tengah pandemi COVID-19 akan kesulitan berkonsultasi ke dokter karena aturan PSBB. Lalu pertolongan pertama apa yang harus dilakukan untuk setidaknya mengurangi rasa nyeri?

"Kalau kondisi hamil, menahan tidak minum obat juga salah. Saat sakit menderita pengaruhi kita (ibu hamil), janin. Konsultasi online. Kalau tidak, ibu hamil bisa berkumur air garam," kata dokter gigi Anggi Pratiwi dalam diskusi "Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi", via daring, Kamis.

Bagaimana takaran air garamnya? Dalam gelas berukuran 200-250 cc atau umumnya gelas kaca yang biasanya digunakan di warung-warung tegal (warteg), masukkan 1/2 sendok teh garam.

"Kalau bisa pakai air hangat agar lebih mudah larut. Kita kumurnya lebih enak. Aduk air garam lalu berkumur 30 detik," tutur Anggi.

Kemudian, jika membutuhkan obat, ibu hamil bisa meminum paracetamol karena cenderung aman.

Untuk menjaga kebersihan gigi, sebaiknya jangan menyikat gigi terlalu ke dalam mulut karena ibu hamil cenderung mudah mual. Setelahnya, bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

Sikat gigi hanya menghilangkan 30-53 persen plak, oleh karen itu harus dilengkapi teknik lainya yakni menyikat lidah, flossing dan berkumur untuk menghilangkan sisa2 makanan di sela-sela gigi.

"Ibu hamil sering mengalami radang gusi karena hormonal, jangan gunakan dulu mouth rinse, saya sarankan air garam saja," demikian menurut Anggi.

Baca juga: Ini penyebab gigi jadi sensitif

Baca juga: Makanan cepat saji berlebihan berpotensi rusak gigi

Baca juga: Jepang "demam" selfie gaya sakit gigi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Solo larang anak, ibu hamil, dan lansia ke tempat keramaian

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar