Bogor (ANTARA News) - Suasana menjelang tibanya bulan suci Ramadhan 1430 Hijriah di Kota Bogor, mulai terasa dimana umat Islam mengisinya dengan berbagai kegiatan seperti menyusun kegiatan selama Ramadhan, tabligh akbar dan juga peringatan Isra` Mikraj.

Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Bogor Eddy Rusjadi di Bogor, Jumat menjelaskan bahwa pihaknya juga telah merancang berbagai kegiatan selama bulan puasa nanti.

"Selain mengadakan shalat tarawih berjamaah di Masjid Balaikota, juga akan diisi dengan tadarus Al-Quran, pengajian, dan kuliah subuh," katanya.

Kegiatan menjelang Ramadhan itu juga telah dilaksanakan ratusan umat Islam di Kampung Cemplang Baru RW02, Kelurahan Cilendek Barat,

Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor yang menggelar tabliqh akbar sekaligus memperingati Isra` Mikraj Nabi Muhammad SAW.

Acara yang dilangsungkan di Musala Baitul Muttaqqin itu menghadirkan muballigh Al Habib Noval Bin Kamal Alaydrus pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatunur Cijahe Bogor Barat.

Selain itu, juga diisi pembacaan salawat Nabi Muhammad SAW yang diringi alunan musik marawis para santri Ponpes Raudhotunnur, Cijahe Cilendek Barat Kota Bogor.

Dalam ceramahnya, Habib Noval mengaku prihatin dengan perilaku sebagian generasi muda yang menjauhi nilainilai agama, sehingga tidak bisa membedakan mana yang haram dan halal.

Lebih khusus, ia menyoroti tayangan-tayangan sinetron di televisi yang telah membius umat termasuk anak-anak dan generasi muda.

"Anakanak sekarang telah dirasuki tayangan-tayangan sinetron yang tidak mendidik," katanya.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musala Baitul Muttaqin H Nasrul  mengatakan, kegiatan menyambut bulan Ramadhan semacam itu sudah rutin dilakukan setiap tahun oleh umat Islam di kampung Cemplang.

"Kegiatan ini adalah wujud kegembiraan umat Islam menyambut datangnya bulan puasa yang penuh barokah dan ampunan, sehingga kita selalu menyelenggarakan setiap tahun menjelang tibanya bulan Ramadhan," katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah kegiatan untuk menyambut datangnya bulan puasa sudah disiapkan oleh DKM Baitul Muttaqin, diantaranya pada 15 hari menjelang puasa nanti akan diadakan malam "nisfu sya`ban" yang diisi dengan pembacaan zikir dan doa serta pembacaan surat Yasin berjamaah.

Pada malam "nisfu sya`ban" nanti akan diawali dengan salat sunah yang akan dilaksanakan setelah salat maghrib, dan dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin tiga kali serta doa dan zikir untuk memohon ampunan dari Allah SWT.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009