Pemkot salurkan 64,82 ton beras bantuan Qatar Charity di Banda Aceh

Pemkot salurkan 64,82 ton beras bantuan Qatar Charity di Banda Aceh

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman (kiri) menyalurkan bantuan beras zakat fitrah 20 kilogram per kepala keluarga di Aula Kantor Camat Lueng Bata, Banda Aceh, Kamis (14/5/2020). ANTARA/ HO

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyalurkan 64,82 ton beras merupakan bantuan Qatar Charity bagi 3.241 Kepala Keluarga (KK) pada bulan suci Ramadhan di tengah wabah COVID-19 yang telah menjadi pandemi global.

"Di Kecamatan Lueng Bata ada 2.147 KK, untuk Banda Aceh seluruhnya dibantu mencapai 3.241 KK. Masing-masing KK mendapatkan 20 kg (kilogram) beras. Total seluruhnya untuk Banda Aceh mencapai 64,82 ton beras," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terimakasih kepada Qatar Charity, karena bantuan tersebut sangat membantu warga Banda Aceh yang sedang terkena dampak sosial pandemi COVID-19.

Wali Kota Aminullah menyerahkan bantuan  beras secara simbolis dari Qatar Charity bagi 2.147 kepala keluarga di Aula Kantor Camat Lueng Bata, Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: Pemerintah Aceh akan salurkan bantuan untuk warganya di Malaysia

Baca juga: Aceh beri bantuan sembako untuk mahasiswa asing


Ketika menyerahkan bantuan ini, Wali Kota didampingi oleh Koordinator Qatar Charity Cabang Aceh Muhammad Idharsyah, Kepala Dinas Sosial Banda Aceh Rizal Junaedi, Camat Lueng Bata Mustafa, dan unsur musyawarah pimpinan kecamatan (muspika).

"Bantuan ini bukan yang pertama, sebelumnya Qatar Charity juga telah menyalurkannya di kecamatan lain. Ini datang di saat yang tepat, selain di tengah pandemi COVID-19, bantuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan di bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri," kata Aminullah.

Menurutnya, suatu kebaikan yang telah dilakukan setiap individu maupun organisasi Insyaa Allah dibalas oleh Allah Yang Maha Esa Allah SWT.

Pemkot setempat berharap program bantuan itu masih akan terus berlanjut untuk meringankan beban warga yang sedang dilanda musibah, termasuk COVID-19 dan banjir yang melanda Banda Aceh akibat tingginya curah hujan beberapa hari lalu.

"Kami dan warga kota, hanya bisa mendoakan agar amalan ini mendapat balasan dari Allah SWT. Kami juga mendoakan agar Qatar Charity terus meraih kemajuan, dan kesuksesan di masa yang akan datang," ujar Wali Kota Aminullah.

Koordinator Qatar Charity Cabang Aceh, Muhammad Idharsyah, mengatakan, bantuan beras diberikan pihaknya merupakan zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan organisasi tersebut.

Ia menambahkan, bantuan beras tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap warga Banda Aceh yang sedang dilanda wabah corona dan bencana banjir.

"Ini merupakan zakat fitrah yang kita kumpulkan. Kita menindaklanjuti arahan dari kantor pusat untuk mempercepat distribusinya, mengingat kondisi yang sedang diterpa wabah corona dan bencana banjir serta jelang Idul Fitri," ungkap dia.

Sejumlah warga kota kurang mampu sebagai penerima bantuan zakat fitrah masing-masing 20 kg itu, mengaku sangat senang. Apalagi beras tersebut diserahkan langsung Wali Kota bersama koordinator Qatar Charity di Aula Kantor Camat Lueng Bata.

"Kepada Qatar Charity kami sampaikan terimakasih atas bantuannya. Terimakasih juga untuk Pak Wali yang selalu mendukung kami menghadapi COVID-19 dan banjir. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat buat kami dan keluarga," ucap Zuhra, warga Lorong III, Gampong (Desa) Lueng Bata.

"Bantuan ini sangat membantu kami di tengah kondisi ekonomi yang sedang sulit. Ini, bisa kami gunakan untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran nanti," ujar Nuraini, warga yang telah berusia lanjut.*

Baca juga: 913 warga miskin Kabupaten Aceh Barat terdampak terima bantuan sembako

Baca juga: DPRA: Semua warga Aceh terdampak darurat corona harus terima bantuan

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dinsos Cilegon salurkan 30 ton beras kepada warga terdampak COVID-19 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar