Kota Gaza (ANTARA News/AFP) - Seorang pria Palestina tewas Senin dan tiga orang lainnya hilang ketika sebuah terowongan penyelundupan di bawah perbatasan yang menghubungkan Jalur Gaza dengan Mesir runtuh, sumber medis mengatakan.

Sedikitnya sembilan orang tewas pekan lalu dalam longsoran dan kecelakaan di jaringan besar terowongan antara Mesir dan Gaza yang digunakan untuk menyelundupkan makanan, barang dan, menurut Israel, senjata dan bahan peledak.

Hampir 130 orang telah tewas dalam terowongan dalam tiga tahun terakhir, menurut laporan belum lama ini oleh Pusat Palestina untuk Demokrasi dan Pemecahan Konflik (PCDCR).

Israel dan Mesir telah membiarkan Jalur Gaza yang miskin dan berpenduduk padat ditutup dari semua barang kecuali kebutuhan kemanusiaan penting sejak gerakan Islam Hamas merebut wilayah itu dari saingannya Fatah yang sekuler pada 2007.

Israel telah membom hebat jaringan terowongan dalam perang 22 harinya terhadap Hamas pada pergantian tahun, tapi banyak terowongan dengan cepat digali kembali.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009