Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John yang akan bertarung melawan Rocky Juarez merupakan salah satu partai utama pada pertarungan yang berlangsung di di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009, kata Asisten Manajer Herry`s Gym, Toni Priatna.

Toni Priatna ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan, partai utama lainya adalah pertarungan antara Juan Manuel Marquez (Meksiko) melawan Floyd Mayweather Jr (Amerika Serikat) di kelas welter.

Selain dua partai utama tersebut, kata dia, masih akan bertarung pada partai tambahan adalah Zab Judah melawan Antonio Diaz juga di kelas welter. "Saya belum tahu persis partai tambahan lain tetapi yang menarik pada pertarungan mendatang adalah tiga partai tersebut," katanya.

Ketika ditanya soal kondisi Chris John sekarang ini, dia mengatakan, terus terang dirinya kurang tahu persis karena sedang disibukkan soal sponsor untuk pertarungan tunda Chris John melawan Juarez mendatang.

"Saya belum sempat melihat perkembangan Chris John saat ini karena saya sibuk mencari sponsor untuk pertarungan mendatang," katanya.

Menyinggung apakah ada negosiasi ulang dari Golden Boy Promotions (GBP) soal bayaran yang diterima Chris John, mengingat pertarungan mendatang merupakan partai tunda yang seharusnya digelar 27 JUni 2009, dia mengatakan, kalau soal ini dirinya juga tidak tahu menahu.

"Terus terang saya tidak tahu Mas soal ini. Saya hanya diberitahu rencana pertarungan Chris John itu soal waktu pelaksanaan dan tempat pertarungannya," katanya menegaskan.

Untuk persiapan menghadapi pertarungan tunda melawan Juarez, juara dunia kelas bulku WBA, Minggu (19/7) berangkat ke Australia untuk berlatih di Sasana Herry`s Gym Perth.

Toni menambahkan, Chris John berlatih di Australia sekitar satu bulan hingga akhir Agustus 2009 kemudian langsung bertolak ke Amerika Serikat.

Tarung ulang Chris John melawan Juarez sebenarnya digelar 27 Juni 2009 tetapi akhirnya ditunda karena ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Risa Christiani) ini mengalami gangguan pernafasan atau disebut "oxygen toxicity syndrome" atau "oxygen intoxication".

Sakit yang diderita Chris John tersebut saat menjalani sesi latihan dengan teman latih tanding pada ronde kelima, kemudian pada pertengahan ronde keenam dihentikan.

Setelah menjalani pemeriksaan akhirnya dinyatakan bahwa petinju yang sudah 11 kali mempertahankan gelar tanpa putus sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003 tersebut tidak layak tanding sehingga pertarungan melawan Juarez ditunda.

Meskipun gagal bertarung, Chris John tetap naik ring tetapi tidak untuk bertarung melainkan menerima gelar Super Champions yang diberikan langsung oleh Presiden WBA, Gilberto Mendoza Jr karena berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak 10 kali tanpa putus.

Pada pertarungan pertama di Toyota Center Hosuton, Texas, Amerika serikat, 28 Febuari 2009, berakhir dengan hasil imbang 114-114. Chris John akhirnya tetap dinyatakan sebagai juara dunia kelas bulu (57,1 kg) WBA.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009