Baghdad (ANTARA News/AFP) - Seorang yang diduga wakil pemimpin kelompok gerilyawan Irak yang bersekutu dengan al Qaeda telah ditangkap bersama dengan sembilan gerilyawan lainnya di bagian utara negara itu, militer AS mengatakan, Selasa.

Fakri Hadi Gari ditangkap bersama dengan yang diduga gerilyawan- gerilyawan Ansar al-Islam (AAI) lainnya dalam serangan pimpinan-militer Irak di kota Mosul yang bergolak di Irak utara pada 24 Juli, militer AS mengatakan dalam satu pernyataan.

"(Gari) diyakini bertanggungjawab atas perekrutan dan upaya pembiayaan dan ia adalah direktur operasional untuk serangan AAI. Ia juga dipercaya menghadapi gerakan teroris di perbatasan Irak," kata pernyataan itu.

Ansar al-Islam adalah kelompok yang anggotanya dominan etnik Kurdi yang dipercaya bersektu dengan al Qaeda di Kurdistan di bagian utara negara itu.

Kelompok itu beroperasi di sepanjang perbatasan yang keropos antara Iran dan Irak serta dipersalahkan karena serangan terhadap pasukan koalisi dan para pejabat Irak.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009