Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) melaukan kampanye pencegahan penularan flu burung (H5N1) di lima kawasan pusat perbelanjaan di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu aksi kemanusiaan PMI, guna memaksimalkan pendekatan kepada masyarakat," kata Ketua Umum PMI, Mar`ie Muhammad setelah membuka gerai "Sahabat PMI" di Jakarta, Rabu sore.

Menurut dia, kegiatan kampanye flu burung yang dapat menular kepada hewan dan manusia ini dilakukan agar masyarakat diharapkan dapat mengetahui gejalanya dan mencegahnya.

Kenapa dilakukan di mal, kata dia, karena tempat keramaian seperti kawasan perbelanjaan ini sering dikunjungi masyarakat.

"Jadi mal merupakan tempat yang tepat untuk bertemu masyarakat, sehingga mereka dapat memperoleh berbagai informasi tentang kegiatan PMI," katanya.

Kampanye flu burung, juga tentang AIDS, dan masalah kesehatan lainnya yang diawali di Cilandak Town Square itu dibuka selama empat hari sejak 5-9 Agustus, dan dilanjutkan di Plaza Semanggi, mal Anggrek, Senayan City dan Mal Kepala Gading.

Aksi kampanye ini sekaligus dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun PMI pada 17 September mendatang dan untuk pengumpulan dana (fundraising) oleh PMI.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009