Musi Rawas, Sumsel, 6/8 (ANTARA) - Pemkab Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Desa Temelat, Kecamatan Sukakarya dengan kapasitas terpasang 2 x 7,5 MW.

"Pembangunan PLTG tersebut bekerja sama dengan PT Medco E&P untuk mengatasi krisis energi listrik di Sumsel," kata," kata Direktur Perusahaan Daerah (PD) Musi Rawas Energi, H Sulaiman Effendi, Kamis.

Dikatakannya, perjanjian kerja sama PD Musi Rawas Energi dengan PT Medco E&P telah dilaksanakan di Jakarta pada 4 Agustus 2009 lalu yang disaksikan Menteri Pertambangan Energi dan Sumberdaya Mineral Purnomo Yusgiantoro, Kepala BP Migas R Priyono, Dirjend Migas Evita Legowo dan Bupati Musi Rawas, H Ridwan Mukti.

Dalam perjanjian itu gas akan dipasok PT Medco E&P untuk tahap pertama ke PLTG selama 10 tahun atau hingga tahun 2020, sedangkan tahap kedua setelah tahun 2020.
Dalam perjanjian kerja sama itu nilai kontrak senilai 8,073 juta dolar Amerika Serikat dengan pasokan gas setiap hari sebanyak 2,5 BBTUD.

Sedangkan biaya pembangunan fisik pembangkit listrik, kata dia diperkirakan akan menelan dana senilai dana senilai 29,4 juta dolar AS. Pelaksanaan pembangunan PLTG oleh PD Musi Rawas Energi dan PT Buana Energi Musi Rawas.

Dijadwalkan pembangunan PLTG mulai awal tahun 2010, dan diperkirakan beroperasi pada kwartal ke empat tahun 2010, sehingga diharapkan PLTG tersebut nantinya mampu memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Musi Rawas dan wilayah Sumsel lainnya. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009