Jakarta (ANTARA) - Presiden UEFA Aleksander Ceferin berharap Liga Champions tahun ini dapat diselesaikan pada akhir Agustus, ketika sepak bola Eropa perlahan-lahan dapat kembali dimainkan setelah dihantam pandemi COVID-19.

"Rencana kami adalah menyelesaikannya antara sekarang sampai akhir Agustus," kata Ceferin dalam wawancara dengan harian olahraga Portugal Record.

"Saya berharap itu akan terwujud. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi, namun situasinya terlihat sedang kembali tenang."

"Delapan persen liga-liga Eropa akan diteruskan. Saya tidak melihat alasan mengapa Liga Champions dan Liga Europa tidak dapat dimainkan lagi," tambahnya.

Baca juga: Ceferin: UEFA punya rencana konkret untuk rampungkan kompetisi Eropa

Agenda akhir kompetisi-kompetisi UEFA telah banyak diperkirakan sejumlah pihak, namun mereka tidak pernah secara resmi mengonfirmasi jadwal tersebut.

Tenggat waktu yang diharapkan Ceferin memberi kesempatan kepada klub-klub untuk menyelesaikan kompetisi domestik masing-masing, sebelum Liga Champions dilanjutkan pada awal Agustus.

Ceferin menambahi bahwa sepak bola akan mengikuti rekomendasi-rekomendasi otoritas berwenang, namun ia optimistis para penggemar akan kembali ke stadion lebih cepat dibanding perkiraan banyak pengamat.

Baca juga: Wasit final Champions 2015/16 akui gol Sergio Ramos seharusnya offside

"Saya sangat yakin, secara pribadi, bahwa para penggemar sepak bola lawas yang baik akan segera kembali," tuturnya.

Ia juga yakin bahwa sepak bola tidak akan berubah akibat hantaman virus corona.

"Sepak bola tidak berubah setelah Perang Dunia kedua, atau Perang Dunia pertama, dan itu tidak akan berubah pula karena virus," tegasnya.

Baca juga: Messi lihat peluang Barca juarai Liga Champions sangat kecil
Baca juga: Petinggi FIFA lempar wacana geser periode dimulainya kompetisi Eropa
Baca juga: Bagi Komite medis UEFA, liga musim ini memungkinkan untuk dilanjutkan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020