New York, (ANTARA News) - Saham AS berakhir lebih rendah pada Senin waktu setempat, karena aksi ambil untung setelah empat pekan berturut-turut menguat jelang sebuah pertemuan kebijakan Federal Reserve yang dapat memberikan petunjuk waktu setiap kenaikan suku bunga.

Indeks Dow Jones Industrial Average menyusut 32,12 poin (0,34 persen) menjadi ditutup pada 9.337,95 setelah melonjak pada Jumat ke tingkat tertinggi sejak November menyusul laporan positif ketenagakerjaan Juli yang mengindikasikan kemungkinan pembalikan siklus resesi panjang dan menyakitkan.

Indeks komposit saham teknologi berat Nasdaq turun 8,01 poin (0,40 persen) menjadi 1.992,24 sementara indeks Standard & Poor`s 500, yang mengukur pasar lebih luas, merosot 3,38 poin (0,33 persen) menjadi 1,007.10.

Analis mengatakan para investor mengunci keuntungannya dari rally baru-baru ini dan menunggu data ekonomi minggu ini untuk mencoba menentukan keberlanjutan momentum pasar.

"Pasar ekuitas melemah hari ini, dengan investor berebut kesempatan untuk mengambil keuntungan setelah rally mengesankan akhir-akhir ini," kata Elizabeth dari Schaeffer`s Investment Research.

"Meskipun laporan pekerjaan AS pada Jumat lebih kuat daripada perkiraan, tampaknya pedagang tidak akan meninggalkan terlalu banyak uang di atas meja jelang keputusan pertemuan kebijakan moneter dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) minggu ini," katanya, seperti dikutip dari AFP.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009