Jakarta (ANTARA News) - Tim kampanye pasangan capres SBY-Boediono menghargai sikap menerima atau legowo yang ditunjukkan pasangan capres Megawati-Prabowo dan JK-Wiranto dalam menyikapi keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan kedua pasangan itu mengenai sengketa hasil pilpres.

"Kami menghargai sikap legowo dari para pemohon, baik Megawati-Prabowo dan JK-Wiranto. Sikap legowo adalah tradisi demokrasi yang sehat dan dewasa," kata anggota tim kampanye SBY-Boediono, Anas Urbaningrum di Jakarta, Kamis.

Menurutnya sikap kedua pasangan itu akan turut menciptakan situasi kondusif pascakompetisi pemilu presiden dan turut menyediakan atmosfir yang segar bagi rencana penyampaian "pidato kemenangan" oleh SBY pada pekan depan.

"Pidato kemenangan memang menunggu keputusan MK sehingga tidak ada lagi ganjalan apapun juga," katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (12/8) MK menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan pasangan Jusuf Kalla/Wiranto dan Megawati/Prabowo.

"Permohonan pemohon I dan II ditolak untuk seluruhnya," kata pimpinan majelis hakim, Moh Mahfud MD, dalam sidang putusan PHPU Pilpres.

Dengan keputusan itu, pasangan capres SBY-Boediono akan ditetapkan secara resmi sebagai pemenang pemilu oleh KPU. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009