Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis ganda campuran Praveen Jordan menceritakan sejumlah kenangan dan hal yang dirindukannya dari Tontowi Ahmad yang secara resmi menyatakan pensiun dari bulu tangkis pada Senin.

Mundurnya Owi, sapaan akrab Tontowi Ahmad dari Pelatnas PBSI tentu membuat teman sesama atlet merasa kehilangan termasuk Praveen yang berada di satu tim ganda campuran.

"Bang Owi itu senior yang membimbing junior-juniornya, dia juga rendah hati dan selalu haus gelar," kata Praveen ketika ditanya soal Tontowi dalam keterangan resmi PP PBSI, Jumat.

Baca juga: Tontowi sudahi satu dasawarsa karir gemilang bulu tangkis

Baca juga: Tontowi paparkan alasan pensiun dari bulu tangkis

Dengan mundurnya Owi, maka tongkat estafet telah diserahkan ke tangan Praveen yang kini menjadi pemain paling senior di ganda campuran.

Praveen yang sekarang berpasangan dengan Melati Daeva Oktavianti merupakan pasangan andalan di sektor ganda campuran. Bersama Melati, ia baru saja meraih gelar di All England 2020.

Baca juga: Olimpiade ditunda, persiapan Praveen/Melati dimulai dari nol lagi

Meskipun terus bersaing di lapangan termasuk di arena Olimpiade Rio 2016, Praveen mengaku banyak mencontoh hal positif dari seniornya tersebut. Banyak pelajaran yang ia ambil dari Tontowi yang disebutnya menjadi pembimbing bagi para juniornya.

Kenangan yang tak akan pernah dilupakan Praveen saat bersama Tontowi adalah momen saat pertandingan di mana biasanya mereka berbagi kamar hotel. Tak jarang kebersamaan dan keseruan mereka dibagikan di sosial media.

Praveen menceritakan satu kejadian yang sampai saat ini masih melekat di ingatannya. Saat itu mereka tengah mengikuti turnamen Denmark Open 2019 di Odense. Mereka baru saja tiba dan masuk ke kamar hotel. Saat mandi, Tontowi berteriak-teriak di kamar mandi karena kedinginan.

"Bang Owi teriak-teriaknya kencang banget, selama dia mandi itu dia teriak-teriak. Dia teriak katanya kedinginan, padahal tadi sebelumnya saya mandi nggak dingin, masih ada air panasnya, ha ha ha," kata Praveen menceritakan.

Baca juga: Butet sebut cukup berat bagi Owi putuskan pensiun

Baca juga: Pensiun, Owi berencana ajak keluarga ke Austria dan Inggris


"Memang bang Owi orangnya lucu, dia selalu bikin saya ketawa, ini yang bikin kangen," ujarnya melanjutkan.

Selain Praveen, Tontowi juga cukup dekat dengan Mohammad Ahsan, pemain spesialis ganda putra. Tontowi bercerita hingga saat ini ia masih sering bertemu Ahsan untuk sekadar berbincang bersama.

"Saya dan Babah (Ahsan) memang sering banget ngobrol, sharing mengenai banyak hal. Mungkin karena kami satu angkatan. Dia kangen nih sama saya, nyamperin terus ke rumah, kan kita tetanggaan. Kadang saya yang main ke rumah Babah," kata Owi.

"Kangen sama teman-teman di pelatnas itu pasti, apalagi sama Coki (Praveen) yang brutal dan ambyar itu," tutur atlet asal Banyumas, Jawa Tengah itu.

Baca juga: Tontowi Ahmad dan Praveen Jordan lelang jersey untuk galang donasi

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020