Moskow (ANTARA News/Reuters) - Seorang pilot tewas dan sedikitnya seorang warga sipil terluka ketika dua jet tempur dari sebuah kelompok pertunjukan udara elit Rusia bertabrakan ketika sedang melakukan latihan di luar Moskow, demikian dilaporkan media setempat, Minggu.

Dua jet Su-27 jatuh menghantam sebuah kompleks perumahan tempat berlibur setelah bertabrakan di udara di dekat kota Zhukovsky selama penerbangan latihan untuk tim pertunjukan udara Russian Knights menjelang pameran dirgantara MAKS, yang dimulai pada Selasa.

Rusia berusaha membuat MAKS, yang dibuka pekan depan di Zhukovsky dan akan disaksikan puluhan ribu tamu, menjadi sebuah pameran udara dan penerbangan internasional utama dan ajang tercapainya perjanjian-perjanjian besar.

Seorang pembantu panglima angkatan udara semula mengumumkan bahwa pilot meloncat dengan selamat namun kemudian mengatakan kepada kantor berita Interfax bahwa satu pilot tewas.

Media mengatakan, tiga rumah terbakar akibat jatuhnya pesawat-pesawat itu di desa Belozerikha.

Interfax mengutip satu sumber kepolisian setempat yang mengatakan, seorang wanita mengalami luka-luka bakar dan dibawa ke rumah sakit. Menurut kantor berita RIA, lima warga cedera dalam insiden itu.

Para pejabat tidak bisa dihubungi untuk diminta konfirmasi mereka mengenai hal itu.

Sementara itu dalam insiden lain, seorang siswa pilot sipil dan seorang instruktur tewas ketika pesawat turboprop Yak-52 mereka jatuh di daerah Kaluga, Rusia tengah, kata kantor-kantor berita setempat.

(Uu.M014)

(Uu.SYS/C/M014/C/M014) 17-08-2009 01:47:21

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009