Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang di perairan Papua, yakni Laut Arafuru dan perairan Merauke yang diperkirakan mencapai 4 - 5 meter sepanjang hari ini hingga Selasa (18/8).

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Senin pagi memperingatkan hal serupa di sejumlah daerah perairan yang gelombangnya mencapai 3 - 4 meter yaitu perairan Kepulauan Kai dan Tanimbar, perairan Kepulauan Aru, perairan selatan Ambon, Laut Buru, Laut Banda serta Laut Andaman.

Sementara itu, gelombang dengan tinggi 2 - 3 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Sulawesi, Selat Makassar bagian selatan, Laut Jawa, Laut Timor dan perairan Pulau Rote.

Selanjutnya, gelombang dengan tinggi yang sama mungkin pula terjadi di perairan selatan jawa hingga Nusa Tenggara Barat (NTB), Selat Sunda bagian selatan, perairan barat Sumatera dan perairan utara Aceh.

Adapun prakiraan cuaca hari ini hingga Selasa (18/8) di sejumlah daerah di Papua menunjukkan peluang hujan ringan, hujan sedang dan berawan.

Hujan ringan berpeluang terjadi di Jayapura dan Sorong dengan suhu masing-masing 24 - 33 derajat dan 23 - 32 derajat celsius.

Sementara itu, hujan sedang diperkirakan terjadi di Biak dengan suhu berkisar 23 - 31 derajat dan di Manokwari dengan suhu 24 - 32 derajat.

Sedangkan cuaca berawan mungkin terjadi di Merauke dengan suhu minimum 21 derajat dan maksimum 30 derajat celsius.

Berkaitan dengan kondisi cuaca, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan deras disertai kilat dan angin kencang sepanjang Senin yang berpeluang terjadi di pesisir barat Sumatera bagian utara dan tengah, Sumatera bagian utara, Maluku bagian tengah dan Papua bagian tengah dan selatan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009