Taipei (ANTARA News/Reuters) - Gempa kuat mengguncang Taiwan dan kepulauan Jepang Selatan, Senin, tapi tak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan.

Pusat gempa tersebut, yang mengguncang pukul 08:05 waktu setempat (07:05 WIB), berada sekitar 188 kilometer di sebelah tenggara Hualien, pantai timur Taiwan, pada kedalaman 11 kilometer, kata Biro Cuaca Pusat dalam satu pernyataan.

"US Geological Survey" menyatakan kekuatan gempa 6,7 pada skala Richter setelah sebelumnya badan itu memperkirakan gempa tersebut berkekuatan 6,9 pada skala Richter. Sementara itu, Jepang mencabut peringatan tsunami.

Gempa sering terjadi di Taiwan, yang berada di sebelah tenggara China di rentang aktif seismik lembah Pasifik.

Taiwan belum pulih setelah diterjang topan yang menerpa pulau tersebut pada 8 Agustus dan mengakibatkan banjir besar serta tanah longsor. Presiden Ma Ying-jeou telah memperkirakan jumlah korban jiwa akibat topan itu mencapai lebih dari 500.

Salah satu gempa yang tercatat paling kuat di Taiwan terjadi pada September 1999, dengan kekuatan 7,6 pada skala Richter, yang menewaskan lebih dari 2.400 orang serta merusak atau menghancurkan 50.000 bangunan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009