Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Williams George Russell tampil dominan di Grand Prix Monako virtual, Senin dini hari, untuk meraih kemenangan keduanya di seri balap virtual yang digelar oleh Formula 1.

Itu merupakan kemenangan beruntun bagi Russell setelah sebelumnya sang pebalap asal Inggris itu menjuarai seri virtual di Catalunya dua pekan lalu.

Balapan sepanjang 39 putaran di jalanan Monako itu diawali dengan sesi kualifikasi yang diguyur hujan. Pietro Fittipaldi merebut pole position dari Russell di menit-menit terakhir.

Baca juga: Alonso menangi balap virtual Legends Trophy di Indianapolis
Baca juga: Rowland raih kemenangan perdana di balap virtual Formula E


Namun, start dari posisi terdepan di saat trek telah mengering tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh sang pebalap tim Haas itu yang harus kehilangan posisinya setelah tersalip tiga pebalap di lap pertama.

Russell mengambil alih pimpinan lomba sejak lap pembuka, dibayangi duet kakak beradik Leclerc, Arthur dan Charles, yang memperkuat Ferrari.

Melihat karakteristik sirkuit jalan raya yang sempit dan terkenal sulit untuk melakukan overtake itu, Russell diuntungkan oleh posisinya hingga dengan mudah memperlebar jaraknya dari para pebalap lainnya.

Russell pun mampu memaksimalkan ban medium yang ia gunakan untuk melahap 27 putaran, dengan keunggulan 32 detik dari Charles, sebelum masuk ke pit berganti ban soft -- kompon tercepat -- untuk menyelesaikan 12 lap terakhir tanpa perlawanan berarti.
 
Tiga lap terakhir menjadi ajang pertarungan ketat antara Charles Leclerc dan Esteban Gurierrez yang memperebutkan posisi runner-up.

Namun, Leclerc kehilangan kendali mobilnya setelah keluar dari terowongan menuju Nouvelle Chicane dan harus merelakan tempat kedua direbut oleh sang pebalap Mercedes yang finis dengan margin 39,017 detik di belakang Russell.

Leclerc harus puas dengan peringkat tiga di kampung halamannya itu. Sang adik, Arthur, finis tak jauh di peringkat lima setelah Alexander Albon dari tim Red Bull.

Baca juga: Coulthard tawarkan opsi Aston Martin untuk Vettel
Baca juga: Sainz ingin hasil terbaik bagi McLaren sebelum hijrah ke Ferrari


Fittipaldi finis P6 di depan Lando Norris dari tim McLaren dan Nicholas Latifi dari tim Williams.

Pebalap tim Haas Louis Delatraz dan David Schumacher dari tim Racing Point melengkapi peringkat 10 besar hari itu.

Dalam debut balap virtualnya, Valtteri Bottas finis P11 untuk Mercedes setelah tabrakan di lap pertama mengirimnya ke belakang grid.

Esteban Ocon juga untuk pertama kalinya ambil bagian namun karena masalah teknis sang pebalap Renault itu tak bisa menjalani balapan.

Seri keenam balap virtual F1 itu diramaikan juga oleh kiper Real Madrid Thibaut Courtois yang finis P14 untuk Alfa Romeo, bintang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang, pelantun lagu "Despacito" Luis Fonsi dan juga peselancar Kai Lenny.

Balap virtual itu digelar F1 untuk menggantikan Grand Prix Monako 2020 yang seharusnya digelar akhir pekan ini namun batal karena pandemi virus corona.

Baca juga: Tim-tim F1 sepakat pangkas biaya jadi 145 juta dolar
Baca juga: Para pebalap F1 mendukung penuh rencana balapan tanpa penonton

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020