Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang perairan Papua yakni perairan Merauke dan Laut Arafuru mencapai 3 - 4 meter hingga Selasa.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Selasa pagi menyebutkan, gelombang dengan tinggi yang sama berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Tanimbar.

Sementara itu, gelombang setinggi 2 - 3 meter mungkin terjadi di perairan Kepulauan Aru, perairan Kepulauan Kai, Laut Banda, perairan selatan Ambon, Laut Flores, perairan selatan Sulawesi dan Selat Makassar bagian selatan.

Selanjutnya, di perairan Masalembo, Laut Jawa bagian timur, Laut Timor, perairan Pulau Rote, perairan selatan

Jawa hingga Bali, Selat Sunda bagian selatan, perairan barat Bengkulu hingga Lampung serta perairan barat


Kepulauan Mentawai.

Berkaitan dengan gelombang, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang setinggi 4 - 5 meter hingga Selasa yang berpeluang terjadi di perairan Merauke dan Laut Arafuru.

Adapun tinggi gelombang 3 - 4 meter yang harus diwaspadai mungkin terjadi di perairan Kepulauan Kai dan Tanimbar, perairan Kepulauan Aru, perairan selatan Ambon, Laut Buru, Laut Banda serta Laut Andaman.

Sementara itu, gelombang berkisar 2 - 3 meter yang juga harus diwaspadai berpeluang terjadi di perairan selatan Sulawesi, Selat Makassar bagian selatan, Laut Jawa, Laut Timor, perairan Pulau Rote, perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat (NTB), Selat Sunda bagian selatan, perairan barat Sumatera serta perairan utara Aceh.

Adapun perkiraan cuaca hari ini hingga Rabu (19/8) di sejumlah daerah di Papua menunjukkan peluang hujan ringan dan berawan.

Hujan ringan berpeluang terjadi di Jayapura dan Sorong dengan suhu masing-masing 23 - 32 derajat dan 23 - 34 derajat Celsius.

Selain itu, hujan ringan juga mungkin terjadi di Biak dengan suhu 24 - 30 derajat dan di Manokwari dengan suhu rata-rata 24 - 33 derajat Celsius.

Sementara itu, cuaca berawan diperkirakan terjadi di Merauke dengan suhu minimum 22 derajat dan maksimum 32 derajat Celsius.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009